Tak Hanya untuk Rambut, Ini 7 Manfaat Lidah Buaya yang Belum Banyak Diketahui

oleh -53 views
Tanaman lidah buaya. (Istimewa)

Lidah buaya atau gel lidah buaya secara luas dikenal untuk meringankan kulit kasar akibat dari paparan sinar matahari, sebagai obat yang mengobati luka, dan sebagai bahan untuk melembabkan kulit. Tapi apakah anda tahu bahwa tanaman favorit anda ini dapat digunakan lebih banyak manfaatnya? Tanaman yang tumbuh di iklim tropis di seluruh dunia ini memiliki beberapa manfaat lain.

Dilansir dari Healthline.com berikut ada 7 manfaat dari lidah buaya:

Mengobati Gangguan Pencernaan

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa gel lidah buaya bisa membantu meringankan gangguan pencernaan yang mengakibatkan mulas. Pada tinjauan tahun 2010 menyarankan bahwa dengan mengkonsumsi 1 sampai 3 ons gel lidah buaya pada saat makan bisa mengurangi keparahan gangguan pencernaan tersebut.

Menjaga Produk Tetap Segar

Sebuah studi tahun 2014 dipublikasikan oleh Cambridge University Press yang mengamati tanaman tomat yang dilapisi dengan gel lidah buaya. Laporan menunjukan bukti bahwa lapisan berhasil memblokir pertumbuhan berbagai jenis bakteri berbahaya pada sayuran. Hasil yang sama ditemukan dalam sebuah studi pada apel. Hal ini membuktikan bahwa gel lidah buaya dapat membantu buah-buahan dan sayuran tetap segar, dan menghilangkan kebutuhan bahan kimia berbahaya yang bisa merusak kualitas buah-buahan dan sayuran.

Menjadi Alternatif Untuk Obat Kumur

Dalam sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Ethiopia ilmu kesehatan, peneliti menemukan bahwa lidah buaya ekstrak menjadi alternatif yang aman dan efektif untuk obat mulut, dan tanaman ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat meblokir plak pada mulut sehingga bagus untuk dijadikan obat kumur.

Menurunkan Gula Darah

Dengan menelan dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menyebabkan kadar gula darah turun pada orang yang mengidap diabetes tipe 2, menurut sebuah studi di Phytomedicine: international jurnal Phytotherapy dan Phytopharmacy mengatakan bahwa lidah buaya memiliki masa depan dalam pengobatan dibetes. Tetapi apabila orang yang mengidap diabetes telah mengkonsumsi obat kimia maka dianjurkan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi lidah buaya, karena apabila di konsumsi secara bersamaan akan menurunkan glukosa pada tingkat yang berbahaya.

Sebagai Pencahar Alami

Lidah buaya direkomendasikan oleh berbagai ilmuan sebagai obat sembelit. Tetapi dengan dosis yang kecil. Jika anda memiliki penyakit yang sudah parah seperti radang atau wasir maka anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi lidah buaya, hal ini dapat menyebabkan kram perut dan diare. Dan perlu di ingat dalam pemakaian lidah buaya tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat kimia.

Perawatan Kulit

Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk menjaga kulit anda tetap lembab dan lebih bercahaya, karena kandungan mineral yang ada pada lidah buaya sangatlah tinggi sehingga bisa membuat kulit anda tetap lembab dan tidak dehidrasi atau kekurangan cairan pada kulit, dan bisa dijadikan sebagai pelembab kulit yang efektif.

Melawan Kanker Payudara

Studi yang dilakukan oleh ilmuan mengatakan bahwa lidah buaya bisa memperlambat pertumbuhan kanker payudara, karena daun tanaman pada lidah buaya ini mengandung sifat terapeutik lidah emodin. Namun teori ini harus diperlukan studi lebih lanjut lagi. (Astri Nur Aisyah)