Luncurkan Program Ekspor Pertama, Shopee Ajak UMKM Tembus Pasar Global

oleh -70 views

JAKARTA  – Rayakan satu tahun Kreasi Nusantara, Shopee luncurkan program ekspor pertamanya, Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global. Sebagai laman yang didedikasikan khusus untuk memberikan sorotan bagi produk lokal, Kreasi Nusantara telah mengkurasi sekitar 25.000 produk lokal setiap minggunya dengan peningkatan transaksi hingga 8 kali lipat sejak pertama kali diluncurkan. Melalui Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global, UMKM dapat memaksimalkan potensi penjualan produk lokal ke luar negeri via Shopee. Selain itu, UMKM juga dapat mempelajari bagaimana cara mengembangkan strategi ekspor melalui kelas Kampus Shopee.

“Kreasi Nusantara diluncurkan sebagai bentuk komitmen kami untuk mendukung UMKM mengembangkan bisnis onlinenya, dan terbukti telah berhasil hingga sekarang. Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global merupakan upaya kelanjutan kami, dimana UMKM dapat memperluas jangkauannya ke negara – negara dimana Shopee beroperasi. Kami yakin melalui dukungan edukasi dan pemasaran yang tepat, produk lokal dapat bersaing dengan baik di pasar internasional, ujar Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia.

Upaya mendorong ekspor telah diyakini memiliki dampak positif bagi kestabilan ekonomi Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, e-commerce dinilai oleh pemerintah sebagai platform yang tepat untuk memberikan kesempatan dan mendorong ekspor bagi UMKM Indonesia.

Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan Republik Indonesia mengatakan, “Kementerian Perdagangan menargetkan pertumbuhan ekspor non migas sebesar 7.5% di tahun 2019. Target ini adalah pekerjaan besar yang membutuhkan sinergi semua pihak. Oleh karena itu, pemerintah mendukung upaya Shopee sebagai marketplace di Indonesia melalui peluncuran program ekspor pertamanya yang akan membawa produk UMKM Indonesia ke pasar global. Semoga kedepannya UMKM Indonesia semakin memiliki daya saing dan mampu menembus pasar ekspor.”

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menambahkan, “UMKM adalah masa depan ekonomi digital dan e-commerce Indonesia. Pertumbuhannya harus didukung dengan serius oleh para pelaku e-commerce, seperti melalui sesi edukasi yang telah dilakukan oleh Shopee dalam mempersiapkan kematangan bisnis UMKM di ranah online. Dengan adanya edukasi melalui Kampus Shopee dengan materi ekspor ini, diharapkan dapat dipraktikkan langsung oleh para UMKM yang terpilih dan dapat menumbuhkan bisnis mereka.”

Program “Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global” akan mengedukasi para UMKM terpilih melalui Kampus Shopee, dengan kurikulum khusus ekspor. Serangkaian kelas akan diadakan guna mempersiapkan kematangan dan strategi ekspor yang tepat sebelum akhirnya para UMKM bersaing di pasar global. Adapun berbagai materi yang akan disampaikan melalui Kampus Shopee;

Pengetahuan mengenai pasar dan industri di negara – negara Asia Tenggara yang dituju

Regulasi dan logistik yang bersinggungan dengan kegiatan ekspor

Tips marketing untuk memasarkan produk di luar negeri

Untuk merayakan peluncuran “Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global”, pengguna juga dapat menikmati promo spesial di laman Kreasi Nusantara edisi Spesial Ulang Tahun. Nikmati diskon hingga 70%, mulai tanggal 21 – 27 Maret 2019 untuk produk lokal terpilih.

Kunjungi https://www.shopee.co.id/m/kreasi-nusantara dan dapatkan beragam produk lokal terbaik buatan anak negeri.