Gebyar Ekonomi Syariah Kembali Menggelar Workshop

oleh -121 views

Gebyar Ekonomi Syariah ke-13 kembali menggelar salah satu rangkaian acaranya yaitu Workshop dengan tema “Creative Bussiness Plan” di Gedung Inovasi LIPI Cibinong, Bogor pada Minggu, 31 Maret 2019. Dengan 2 pembicara yang ahli di bidangnya, workshop sukses dilaksanakan. “Dengan tema yang diangkat diharapkan workshop ini dapat memberi pencerahan kepada pemula atau yang sudah melakukan bisnis untuk menciptakan lapangan kerja dengan membuat bisnis kreatif.” jelas Fathi Yakan selaku Steering Committee dalam sambutannya.

Workshop dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama disampaikan oleh Dayan Agniansyah selaku Co-Founder ECO Bisnis Indonesia. ECO Bisnis Indonesia sendiri adalah bisnis sosial dengan pemanfaatan sampah untuk dijadikan sebuah produk. Dari sini beliau menyampaikan bahwa dalam berbisnis harus kreatif dan inovatif. Dengan ide dan kreasi, sampah dapat menjadi barang bernilai ekonomis dan dapat memberdayakan masyarakat. “Dalam berbisnis jangan hanya terfokus pada teknik, kita juga harus berani berimajinasi” ujarnya. “Dan jangan terpaku pada ide usaha agar kita dapat mengembangkan ide tersebut, yang paling penting adalah selalu libatkan Allah.” tambahnya dalam closing statement.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Roby Rajab Firmansyah selaku Direktur PT. Rodesna Sumber Rizki. Beliau memaparkan alasan mengapa seseorang harus berbisnis dan apa yang harus dilakukan jika ingin memulai bisnis. Beliau juga menjelaskan bahwa Indonesia sebenarnya sangat kaya tetapi kekurangannya adalah pada teknologi. Di akhir beliau membagikan kertas kosong dan memberikan 7 pertanyaan untuk para peserta mengenai bisnis apa yang ingin mereka lakukan. Selanjutnya peserta menjawab dan membawa pulang kertas tersebut. Beliau ingin peserta tidak hanya menuliskan bisnis yang ingin dilakukan tetapi juga harus benar-benar merealisasikannya.

Selanjutnya acara diakhiri dengan foto bersama antara peserta dan panitia. Berjalannya workshop ini dengan kondusif mendapat respon positif dari para peserta dan juga pembicara. “Tema acaranya sangat bagus dan juga ada pelatihan langsung kepada peserta.” tutur Roby Rajab saat diwawancari di akhir acara.