Apa Saja Keuntungan Menyimpan Uang di Bank Syariah?

Ilustrasi.

Sebelum mengetahui, alangkah baiknya jika kita mengetahaui dulu apa itu bank syariah atau apa saja yang bisa kita dapatkan jika menabung di bank syariah.

Menurut pengertian Bank Syariah secara umum adalah bank yang operasionalnya menggunakan prinsip-prinsip syariah dan ketentuan yang islami (syariah islam). Terutama yang berkaitan dengan cara melakukan muamalah secara islami.  Menabung di Bank syariah juga memiliki banyak keunggulan yang dapat dinikmati nasabah dibandingkan dengan menabung di bank konvensional. Banyak orang berfikir menabung di bank syariah hanya untuk menghindari riba, bukan karena finansial.

Silahkan simak beberapa penjelasan, dan setelah itu kita dapat menentukan pilihan ingin menabung di mana. Berikut ini adalah apa yang kita dapat jika membuka rekening tabungan di Bank Syariah :

1. Nasabah Tidak Akan Rugi

Banyak nasabah yang merasa was-was jika bank yang dijadikan untuk lahan investasi mengalami kerugian, namun di Bank Syariah Nasabah tidak perlu khawatir, karena hal tersebut dikarenakan nasabah tidak akan pernah rugi jika bank mengalami kerugian.

Perhitungan bagi hasil yang dilakukan oleh bank syariah tidak pada keuntungan yang diperoleh namun berdasarkan dengan pendapatan yang diperoleh oleh pihak bank setiap bulannya. Menggunakan cara tersebut, nasabah tidak akan dirugikan serta investasi yang ditanam di bank syariah tidak akan berkurang sedikitpun.

2. Terdapat Akad sesuai dengan Syariat Islam

Pada awal membuka rekening tabungan, terdapat akad yang harus kita lakukan. Akad yang digunakan di bank syariah berbeda dengan di bank konvensional, tentunya akad yang digunakan berdasarkan syariah islam. Beberapa jenis akad yang dapat kita gunakan seperti ; Akad Wadiah, Akad Mudharabah.

3. Terhindar Dari Riba

Bagi yang beragama muslim tentu tidak menginginkan hal yang berkaitan dengan Riba. Dengan menabung di bank syariah yang menggunakan prisip-prinsip dan ketentuan islami tentu hal tersebut bisa dihindari.

Ini merupakan salah satu cara kita untuk yang tidak ingin terjebak uang riba. Di bank Syariah sendiri menggunakan perhitungan bukan berdasarkan bunga namun bagi hasil. sistem ini tentu akan membuat nasabah untung dan tidak dirugikan, semakin besar keuntungan yang didapat bank maka akan semakin besar juga bagi hasil yang diterima nasabah.

4. Sistem Bagi Hasil

Sudah disebut sebelumnya bahwa di bank Syariah manfaat menabung atau insvestasi menggunakan sistim bagi hasil. Artinya nasabah akan diberikan keuntungan dari bagi hasil antara bank dengan nasabah dari uang yang dikelola oleh bank. Dengan sistem ini, bagi hasil yang dilakukan oleh nasabah dan pihak bank adalah dengan melakukan perhitungan antara pendapatan bank.

Biaya yang dikeluarkan bank akan diambil dari bagi hasil yang menjadi hak bank. Bagi hasil tersebut akan memudahkan dan juga menguntungkan nasabah yang menabungkan uangnya di bank syariah.

5. Terjamin Dengan LPS

Bagi nasabah yang menabung atau menginvestasikan uangnya di bank syariah tidak perlu kuatir. Karena bank syariah investasi nasabah akan mendapatkan jaminan yang diberikan oleh Lembaga penjaminan Simpanan (LPS).

Sehingga investasi yang ditanamnya akan dijamin jika suatu saat mengalami masalah tertentu kedepannya. Tidak hanya dengan tabungan yang bersifat investasi namun tabungan yang sifatnya juga titipan. Perlu anda ketahui Jumlah tabungan titipan maupun investasi yang dijamin oleh LPS ini hingga senilai 2 milyar.

6. Fasilitas Net Banking

Meski bank berbasis syariah, namun fasilitas dan teknologi dalam bank syariah tidak kalah dengan bank konvensional pada umumnya. Dengan fasilitas ini Bank dengan basis syariah bisa memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi. Bank syariah telah dilengkapi dengan ATM dan juga dilengkapi internet banking yang bisa anda temui dibank Konvensional pada umumnya. Baik itu di bank tersebut maupun di ATM bersama dan ATM prima. Keuntungannya saat nasabah melakukan transaksi di ATM tidak akan terkena potongan.

Coba deh perhatikan, semua produk tabungan syariah menerapkan “bebas biaya administrasi bulanan”, terutama bagi rekening tabungan dengan akad wadiah (titipan), tentu ini yang sangat diharapkan kita semua yang tidak mau saldo rekening habis karena bayar admin setiap bulan.

Hal yang berbeda dengan tabungan konvensional yang ada biaya admin kisaran Rp5.500 – Rp12.000, lihat saja pada tabungan simpedes. Nasabah akan dikenakan biaya administrasi setiap bulan sebesar Rp. 5.500. Memang sih, ada tabungan konvensional yang bebas admin, tapi penabung harus memenuhi persyaratan minimal saldo.

Beberapa fasilitas yang menguntungkan bisa anda dapatkan adalah sebagai berikut :

  • Biaya administrasi bulanan gratis (tidak ada potongan)
  • Biaya bulanan untuk kartu ATM Gratis
  • Melakukan tarik tunai di ATM sendiri maupun di ATM bersama dan juga ATM Prima Gratis
  • Cek saldo di ATM BRI maupun di jaringan ATM Bersama dan juga di ATM Prima Gratis
  • Gratis biaya transfer di ATM BRI maupun di ATM Prima dan juga di ATM Bersama
  • Untuk biaya debit Prima gratis
  • Mudah Dalam Melakukan Berbagai Macam Transaksi

7. Terdapat Tabungan Khusus

Guna mendukung kelancaran ibadah kita dapat menggunakan tabungan khusus yang ditawarkan bank syariah, seperti tabungan haji, tabungan qurban dan lainnya. Hal ini dapat membantu anda untuk mewujudkan ibadah yang diinginkan. (Asti Mayasari)