4 Tips Mencegah Penyebaran DBD

oleh -113 views

Demam berdarah dengue yang biasa dikenal dikalangan masyarakat merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian, demam berdarah dengue disebabkan oleh gigitan nyamuk yang membawa virus dengue, nyamuk tersebut bermama aedes aegypyti.

Seseorang yang terkena gigiran nyamuk ini biasanya ditandai dengan adanya demam yg begitu tinggi, badan lemas dan panas yg naik turun, himbauan bagi masyarakat jika memiliki keluarga atau sahabat yang memiliki ciri-ciri demikian agar segera membawanya ke rumah sakit terdekat.

Terdapat beberapa cara untuk mencegah agar tidak terkena demam berdarah dengue, antara lain.

1. Perhatikan genangan air di sekeliling rumah

Air merupakan sarang favorite untuk nyamuk berkembang biak, nyamuk akan berkembang biak jika ada genangan air yang sudah lama tidak digunakan, nyamuk menyimpan telurnya selama 8-10 hari untuk menetaskan telur-telurnya, untuk itu kita harus mengontrol air yang ada di sekeliling rumah kita terutama bak mandi, saluran air dan genangan yang lain, agar tidak ada genangan yg memungkinkan menjadi tempat perkembang biakan nyamuk.

2. Hindari tidur siang-sore hari

Nyamuk aedes aegypti biasanya menggigit mangsanya pada waktu siang sampai sore menjelang malam, jika ingin tidur usahakan untuk membersihkan lingkungan sekitar kamar agar bersih dan gunakan pengharum ruangan yg tidak disukai nyamuk.

3. Jangan menumpuk pakaian

Pakaian yang menumpuk merupakan tempat hinggap bagi nyamuk, pakaian biasanya dijadikan tempat nyamuk untuk hinggap jika tidak ada mangsa yang bisa digigit sementara, dan keluar lagi jika ada mangsa, untuk itu aturlah pakaian dengan rapih dan menyimpannya di dalam lemari pakaian. Jika ada pakaian yg sudah dipakai agar segera di cuci dan tidak dibiarkan menumpuk.

4. Memakai obat nyamuk alami

Banyak obat yang dijual diwarung-warung sekitar rumah kita yang bisa dibeli, namun tak sepenuhnya menggunakan bahan alami. Ada beberapa tanaman alami yang bisa dimanfaatkan dan lebih efektif untuk mengusir nyamuk baik berupa tanaman yg bisa ditanam disekitar rumah kita atau dibuat ramuan yg bisa diolah sesuai petunjuk tertentu, antara lain tanaman tersebut adalah serai wangi, lemon baim, lavender, catuip bawamg putih dan grahim. (Arif Rahman Hakim)