101 Film Kontemporer dari 27 Negara Eropa Tampil di Europe on Screen

oleh -79 views

Sebagai salah satu festival film internasional terlama di Asia Tenggara Europe on Screen kembali hadir tahun ini. Festival tahun ini, merupakan edisi ke-19, yang diselenggarakan pada tanggal 18-30 April 2019 di delapan kota di seluruh Indonesia.

“Kami ingin memperkenalkan kebudayaan Eropa dan film-film Eropa kepada masyarakat Indonesia, mempromosikan kerjasama antara Eropa dan Indonesia di bidang Industri Kreatif”. Ungkap Mr Charles-Michel Geurts, Wakil Kepala Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Kamis (18/4/2019) pembukaan Europe On Screen 2019.

Europe on Screen 2019 akan memberi fokus pada pelestarian lingkungan hidup dengan mendedikasikan sub-segmen khusus berjudul #OurLand. Sebagai bagian dari segmen “Realita”, #OurLand akan menampilkan enam film panjang dan empat film dokumenter pendek.

“Kami akan melangsungkan pemutaran premier dunia untuk dua film pendek karya sineas muda Indonesia yang telah menerima dana produksi parsial dari program EOS Short Film Pitching Project. Dua film tersebut adalah Lasagna (sutradara Adi Victory) dan Bangkis (sutradara Seren Trihardja), yang terpilih dari 100 lebih cerita yang kami terima,” ujar Nauval Yazid, EOS Festival Co-Director.

Europe on Screen telah menjadi acara film tahunan di enam kota antara lain: Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Yogyakarta dan Surabaya. Tahun ini, Europe on Screen akan hadir untuk pertama kalinya di dua kota tambahan: Bekasi dan Tangerang.

Pemutaran akan diadakan di pusat-pusat kebudayaan, termasuk Erasmus Huis, Goethe-Institut, Istituto Italiano di Cultura, Institut Français Indonésie dan Komunitas Salihara. Europe on Screen juga akan hadir, di ruang pemutaran komunitas seperti Kineforum dan KeKini; dan universitas, seperti Universitas Multimedia Nusantara dan Universitas Bina Nusantara.

Salah satu acara paling populer dari Europe on Screen adalah pemutaran layar tancap yang menampilkan film dengan genre ramah-keluarga dan menyenangkan yang telah dirilis di bioskop-bioskop Indonesia. Tahun ini pemutaran layar tancap akan diadakan di Bintaro Xchange, Summarecon Mal Bekasi, Erasmus Huis dan Alliance Française Denpasar.

Film pembuka Europe on Screen 2019 adalah film thriller Denmark, The Guilty, yang disutradarai Gustav Moller dan dibintangi Jakob Cedergren. Film ini memenangkan Audience Award dan Grand Jury Prize di Sundance Film Festival 2018.

Film ini juga menjadi entri resmi Denmark untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-91 (Oscar 2019). Semua pemutaran dan program lain dari Europe on Screen 2019 terbuka untuk umum dan gratis. (BKarmila)