Kamis , Desember 13 2018
Home / Feature / Yuk Kembali Naik Kendaraan Umum!

Yuk Kembali Naik Kendaraan Umum!

Ilustrasi. (Istimewa)

Masyarakat kota besar tentu pernah memiliki jutaan tanya, seperti di Jakarta, Bandung, dan Medan. Pasalnya, pemerintah sudah memberikan fasilitas kendaraan umum tetapi kenapa masih saja jalanan dipenuhi oleh ribuan pengendaraan mobil atau motor pribadi? Mari kita ulas kenapa penyebabnya.

Ternyata banyaknya fasilitas umum, seperti bus, angkutan umum, dan kereta ini masih tidak mempengaruhi kemacetan di jalan. Masih banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadinya untuk pergi. Sehingga, membuat kendaraaan menumpuk di persimpangan, atau pertigaan jalan.

Seperti yang dikatakan oleh Sinta, salah satu pengguna setia mobil pribadi di Jakarta, “Ya saya pakai mobil pribadi karena kalau lewat tol juga cepet, dan gak harus ketemu sama orang yang bau, atau pencopet, dan juga gak perlu sempit-sempitan.”

Ternyata kenyamanan di dalam kendaraan umum pun masih menjadi alasan utama dari para pengguna kendaraan pribadi. Hal tersebut memang tidak dapat dipungkuri, masih banyaknya kejahatan yang terjadi di dalam kendaran umum. Namun, sudah ada tindakan dan perlindungan dari pemerintah mengenai kejahatan tersebut.

“Saya mah lebih suka naik kendaraan umum, soalnya lebih murah dan gampang juga aksesnya. Kalau masalah kenyamanan, namanya kendaraan umum kita pasti ketemu orang yang bertolak belakang dengan kita, ya maklumi aja,” ucap Tiwi saat duduk di dalam angkutan umum.

Lain dengan masyarakat yang memang ikut serta membantu pemerintah dalam mengurangi kemacetan, dengan cara menggunakan kendaraan umum. Harga yang murah, dan akses yang mudah pun ternyata menjadi kelebihan dari kendaraan umum.

Selain itu, ternyata menggunakan kendaraan umum pun memiliki manfaatnya seperti yang dilansir dari yougestegiht.com, yaitu masyarakat tentu mendapat teman baru selama di perjalanan entah saling mencurahkan keluh kesah di kantor, atau menambah pengalaman dan wawasan dari cerita orang lain. Menggunakan kendaraan umum juga membantu mengurangi polusi udara yang membuat bumi semakin panas.

Naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi, sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentunya, banyak harapan kepada pengemudi kendaraan pribadi agar turut serta membantu mengurangi kemacetan. Karena kalau bukan dari diri kita sendiri, siapa lagi? [Erfah Nanda/PNJ]

Comments

comments