Kamis , Desember 13 2018
Home / Jabar / Depok / UI dan DLHK Depok Implementasikan Energi Terbarukan di Taman-Taman Kelurahan

UI dan DLHK Depok Implementasikan Energi Terbarukan di Taman-Taman Kelurahan

DEPOK – Energi terbarukan merupakan energi yang dapat diperoleh ulang (terbarukan) dari proses alam yang berkelanjutan, seperti energi matahari, angin, dan air. Energi ini sangat potensial di Indonesia. Misalnya saja, energi matahari. Dengan luasan 1 meter persegi, di Indonesia bisa memperoleh energi matahari setara 4.800 W per jam.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menyadari pentingnya energi terbarukan di Indonesia khususnya di kota Depok. Bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI), melalui program pengabdian kepada masyarakat DRPM (Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat) UI, DLHK Kota Depok memasang lampu penerangan bertenaga surya di taman-taman Kelurahan yang baru dibangun.

Diinisiasi Dr. Eng. Radon Dhelika dan Tomy Abuzairi, PhD, dosen di Fakultas Teknik UI, total 13 lampu dipasang di enam taman, yaitu di Taman Jalan Pipit, Taman Rangkapan Jaya Baru, Taman RW 10 Pengasinan, Taman RW 5 Mekar Jaya, Taman RW 9 Jatimulya dan Taman Jalan Keadilan.

Taman yang dipilih rata-rata merupakan taman baru yang dibangun di tahun 2018 dan masih kekurangan penerangan saat malam hari. “Dengan lampu bertenaga surya, energi matahari yang diterima di siang hari disimpan di dalam baterai. Pada malam hari, lampu menggunakan energi yang tersimpan tersebut, lampu bisa menyala hingga 12 jam, “ jelas Radon Dhelika.

Etty Suryahati, Kepala DLHK Depok pun menilai sangat positif kemitraan ini. “Program ini saya pikir sangat positif. Ke depannya perlu lebih banyak kolaborasi antara kampus dan pemerintah seperti ini agar inovasi-inovasi dari kampus bisa tepat guna dan dapat dimanfaatkan di lapangan” ujar Etty Suryahati, Kepala DLHK Kota Depok.

Selain pemasangan lampu, dalam program ini juga dilakukan edukasi kepada masyarakat dengan memasang informasi mengenai potensi energi matahari di Indonesia dan aplikasinya. Dengan upaya ini, diharapkan masyarakat, bisa melihat langsung penggunaan energi terbarukan, sehingga masyarakat sadar akan pentingnya energi dan dapat memanfaatkan energi terbarukan.

Comments

comments