Selasa , Desember 11 2018
Home / Wisata / “The Hidden Paradise” Pantai Sawarna – Banten

“The Hidden Paradise” Pantai Sawarna – Banten

Pantai Sawarna. (Istimewa)

Banten merupakan provinsi yang berdiri pada tahun 2000 berdasarkan UU No. 23 tahun 2000 secara administratif karena sebelumnya masih menyatu dengan Provinsi Jawa Barat, terbagi atas 4 kabupaten dan 4 kota yaitu : Kabupaten Serang, Pandeglang, Lebak, dan Tangerang, Kota Serang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kota Cilegon, Luas Provinsi Banten 9.160,70 km2.

Banten memiliki salah satu kabupaten yang sangat potensial, terutama dibidang pariwisatanya. Banyak tempat-tempat wisata pantai yang terletak di kabupaten Lebak ini. Salah satunya yakni Pantai Sawarna yang terkenal dengan julukan “The Hidden Paradise” atau Bali kedua terletak di desa Sawarna, kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, provinsi Banten dan berjarak 150 km dari kecamatan Rangkasbitung.

Pantai Sawarna. (Istimewa)

Pantai Sawarna bisa dikatakan pantai paling indah di Banten yang memiliki lanskap keindahan alamnya terselip menghadap ke Samudera Hindia. Bukan hanya wisatawan lokal, bahkan wisatawan mancanegara pun banyak yang berdatangan ke pantai ini. Rute menuju pantai ini bisa melalui 2 jalur, dari Jakarta melalui Sukabumi atau dari Jakarta melalui Serang.

Selain keindahan pantainya yang menarik, di Pantai Sawarna juga terdapat tempat-tempat unik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini, yaitu beberapa wisata-wisata tersembunyi yang sangat eksotik yang ada di sekitar pantai antara laiin:

  • Gua Lalay, sarangnya kelelawar
  • Gua Langit, gua seribu candi
  • Menanti sunset di Pantai Tanjung Layar
  • Pantai Laguna Pari (Legoon Pari) untuk para petualang sejati
  • Pantai Karang Beureum, tempat berkumpulnya karang berwarna merah
  • Karang Taraje yang eksotis
  • Pantai Pasir Putih Ciantir, surganya surfing.

Itulah tempat wisata-wisata tersembunyi yang ada di sekitar Pantai Sawarna Bayah-Banten yang wajib dikunjungi jika anda singgah di Kabupaten Lebak. (Nihayatul Amaliah)

Comments

comments