Kamis , Desember 13 2018
Home / Jabar / Garut / SMKN 1 Garut Gelar Aksi Teatrikal Peduli Rohingya

SMKN 1 Garut Gelar Aksi Teatrikal Peduli Rohingya

GARUT – Sejumlah pelajar dan guru dari SMK Negeri 1 Kabupaten Garut, Jawa Barat, menggelar aksi teatrikal tentang krisis kemanusiaan yang menimpa kaum Muslim Rohingya di Myanmar, Jumat.

Aksi teatrikal yang menggambarkan adegan penganiayaan dan kekerasan lainnya oleh aparat Myanmar terhadap kaum Rohingya itu kemudian ditutup dengan doa bersama untuk Muslim Rohingya

“Ini adalah bentuk solidaritas kami terhadap bangsa yang lagi menderita, apalagi ini satu akidah sesama Muslim,” kata Kepala SMKN 1 Garut Dadang Johar.

Ia menyampaikan, aksi solidaritas dengan bermain drama tersebut sebagai ungkapan diri tentang keprihatinan kondisi Muslim Rohingya juga kritikan terhadap pemerintah Myanmar.

Aksi itu, lanjut dia, juga mengkritik lembaga perdamaian dunia dan yang mengurusi masalah konflik kemanusiaan yang dinilai tidak cepat bertindak untuk segera menyelesaikannya.

“Masalah ini kan sudah bertahun-tahun, jadi kami mengkritik mereka seperti PBB, UNHCR yang selama ini kenapa diam, menutup mata,” katanya.

Aksi ini, kata Dadang, juga untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang jaminan hidup berbangsa dan hak kemerdekaan hidup manusia.

“Kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, jika melakukan tindakan kekerasan artinya tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan keadilan,” katanya.

Comments

comments