Kamis , Desember 13 2018
Home / Berita / Sepuluh Ribu Paket Pangan Ramadhan Jangkau 47 Desa di NTT

Sepuluh Ribu Paket Pangan Ramadhan Jangkau 47 Desa di NTT

KABUPATEN BARRU – Insan Nurrohman selaku Vice President ACT menyampaikan, usai lepas jangkar Kapal Ramadhan akan berlayar selama delapan hari dengan jarak tempuh 665 nautical miles. Kapal tersebut akan singgah di tiga titik. Titik pertama adalah Labuan Bajo, lalu kapal akan singgah lagi di Kalabahi, dan Kupang.

“Di setiap titik singgah, kapal akan menurunkan ribuan paket pangan. Setelah paket pangan tersebut diturunkan, kapal akan lanjut berlayar ke titik singgah berikutnya. Sementara itu, paket-paket pangan yang sudah diturunkan di pelabuhan langsung didistribusikan oleh relawan kami di area-area pendistribusian,” jelas Insan.

Insan menambahkan, 10 ribu paket pangan Ramadhan akan menjangkau 47 desa yang tersebar di 9 kabupaten di NTT. Sembilan kabupaten tersebut di antaranya Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Sikka (khususnya Kecamatan Maumere), Ende, Alor, Atambua, Kupang, dan Timur Tengah Selatan.

”Lalu dari sembilan kabupaten itu, tim kami akan masuk lagi ke pelosok-pelosok. Misalnya saja di Labuan Bajo, kami akan menjangkau wilayah Golo Lijun dan Golo Lebo, daerah yang belum tersentuh listrik. Lalu di Alor, kami akan menyambangi Pulau Pantar, Pulau Pura, dan Pulau Buaya,” papar Insan.

Selain paket pangan, Kapal Ramadhan juga mengangkut puluhan relawan yang siap diterjunkan langsung di wilayah distribusi. Relawan-relawan tersebut tidak hanya membantu pendistribusian bantuan pangan, namun juga menggelar layanan kesehatan.

“Insya Allah, relawan medis kami akan diterjunkan di Kabupaten Alor dan Pulau Kera. Di sana mereka akan memberikan pelayanan kesehatan ke warga lokal,” pungkas Insan.

Sebelumnya, Senin (28/5), sekitar 100 ton bahan pangan-seperti minyak kelapa, gula, dan berasdisiapkan dan dikemas di Desa Anabanna, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Sidenreng Rappang (Sidrap)

merupakan salah satu sentra penghasil beras terbesar di Sulawesi Selatan. Pengemasan paket pangan tersebut melibatkan lebih dari 50 relawan. (des)

Comments

comments