Selasa , Desember 11 2018
Home / Jabar / Cianjur / Ragam Potensi Kota Cianjur

Ragam Potensi Kota Cianjur

(Foto: Istimewa)

Cianjur merupakan sebuah kota dan kabupaten yang letaknya berada di daerah Jawa Barat, termasuk kabuapten yang terkenal dengan berbagai potensi yang dimilikinya . Cianjur juga merupakan sebuah kota yang menyimpan banyak rahasia dan keahlian-keahlian. Selain itu cianjur juga sudah mendapat beberapa penghargaan dari gubernur jawa barat, penghargaan dari berbagai bidang.

Potensi cianjur dalam bidang agama . Cianjur terkenal sebagai kota Santri , yang mana beribu-ribu santri yang ada di daerah cianjur dan berates-ratus pesantren yang ada di sana. Selain itu , cianjur juga memiliki semboyan “ GERBANG MARHAMAH “ ( Gerakan masyarakat berahlakul kariimah ), dan cianjur juga memiliki ciri khas yaitu “ Maos ( mengaji ), Mamaos ( nyinden/menyanyi ), dan Maenpo ( bela diri ). Cianjur juga sudah mengeluarkan sumber daya manusia yang sangat potensial dalam bidang agama. Contohnya, setiap setahun sekali suka ada yang namanya MHQ ( Musabaqoh Tilawatil Qur’an ), yang mana para SDM dari daerah cianjur suka mendapatkan kejuaraan yang lumayan banyak , begitupun dengan kota cianjur nya sendiri , mendapatkan penghargaan langsung dari gubernur jawa barat, samapai pernah menduduki peringkat ke 3 antar kabupaten .

Kemudian potensi cianjur dalam bidang pertanian. Cianjur terkenal dengan berasnya , yaitu beras pandanwangi, yang mana beras tersebut jika sudah di masak rasanya enak banget dan memiliki ciri khas tertentu. Pengimporan beras cianjur juga sudah sampai ke mancanegara ke negara –negara tetangga. setiap sekali panin , bisa menghasilkan beberapa ton beras. Dan panin biasanya tiga bulan sekali .Selain beras masih banyak lagi potensi cianjur dalam bidang pertanian.

Selanjutnya , potensi cianjur dalam bidang makanan. Nah , cianjur pun tidak jauh beda dengan negara-negara yang lainya, banyak dari wisatawan lokal maupun non lokal yang suka kuliner khas cianjur. Ada yang namanya manisan, tauco , dan olahan-olahan lainya . yang paling populer di daerah cianjur terkait makanan adalah tauco, tauco yang terbuat dari kacang kedelai kemudian di campur dengan bahan-bahan lainya kemudian di olah, akan menghasilkan rasa yang nikmat, ada rasa asin, manis, asam yang berpadu dalam satu produk. Tauco juga sudah sampai ke mancanegara, banyak dari negara lain yang suka dengan produk ini dan hingga akhirnya sudah menjadi barang imporan.

Selain yang tiga tadi , potensi cianjur juga dapat dilihat dari tempat wisata nya. Ada beberapa tempat wisata yang mana tempat tersebut sudah di datangi turis-turi asing, contohnya Taman Bunga nusantara, Cibodas, Gunung padang, Laut kidul dan masih banyak lainya. Selain tempat refreshing , tempat wisata ini juga di gunakan sebagi tempat belajar, banyak dari berbagai sekolah-sekolah yang melaukan studiying and playing nya di tempat-tempat ini, belajar sambil bermain. Selain itu juga , adanya tempat wisata ini adalah sebagi bahan untuk bertafakur terhadap ni’mat dari Allah SWT.

Sumber daya manusia yang ada di cianjur juga sangat bagus, mereka berkompeten , sosiallis, dan maju. Dengan mata pencaharian mereka yang berbeda-beda , ini menunjukan ke kreatifan dalam diri masing-masing yang berbeda-beda pula. Alam sekitar yang ada di daerah cianjur masih sangatlah asri, di sepanjang perjalanan banyak tumbuh-tumbuhan yang sangat indah, terutama di daerah pegununganya , khususnya di daerah cianjur selatan.

Selain itu , cianjur telah melahirkan berbagai SDM yang luar biasa , contohnya dari bidang suara. Fakta membuktikan , salah satu warga kota cianjur , yang tepatnya cianjur selatan telah membawa nama cianjur harum di Indonesia. Dengan kelebihanya dia bisa membuat harum kotanya sendiri, yaitu “ LESTI “, seorang anak yang memiliki suara bagus, hingga akhirnya ia menjadi seorang penyanyi cilik yang bersuara emas.

Itulah beberapa potensi-potensi yang di milki oleh kota cianjur, masih banyak lagi potensi yang lainya. Namun, penulis cukup kan sekian. Kesimpulanya, Allah swt telah menciptakan suatu tempat beserta penghuninya, jadi maju mundur nya tempat tersebut tergantung penghuninya jua. Alam punya banyak potensi , maka kita sebagai manusia harus berfikir , bagaimana caranya supaya alam ini dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dapat kita olah dengan semaksimal mungkin, sehingga kita dan alam bisa balance , sama-sama produktif.

Ditulis oleh: Deudeu maryani, mahasiswi STEI SEBI, Depok

Comments

comments