Kamis , Desember 13 2018
Home / Jabar / Garut / Potensi Garut sebagai Peluang Investasi

Potensi Garut sebagai Peluang Investasi

Situ Bagendit, salah satu potensi wisata Kota Garut. (Foto: azwisata.com)

Berbicara tentang potensi daerah, Garut merupakan sebuah kabupaten yang terletak di kawasan Priangan Timur Jawa Barat ini memiliki beberapa sebutan (julukan) yang biasa sering terdengar ditengah-tengah masyarakat dengan sebutannya yang begitu khas. Sebutan lain untuk Kabupaten Garut sendiri ini diambil dari beberapa potensi daerah yang dimiliki oleh Kabupaten Garut. Seperti, julukan kota dodol, karena memang Garut sendiri merupakan salah satu kota/kabupaten yang menjadi produsen dodol khas Garut yang beraneka macam rasa. Lalu julukan Garut sebagai Swiss Van Java, mengapa dijuluki Swiss Van Java? Karena iklim dan keindahan yang dimiliki oleh Garut ini seperti di Swiss, sehingga membuat Pemerintah Belanda menyebut Garut sebagai Swiss Van Java. Adapun sebutan lain yang begitu hangat ditelinga masyarakat Garut sendiri adalah Garut Kota Intan. Julukan kota intan ini diberikan oleh Presiden Soekarno saat berkunjung ke Garut pada tahun 1960. Julukan ini diberikan karena gemerlap cahaya kota Garut pada malam hari terpantul di Sungai Cimanuk sehingga terlihat seperti intan.

Dibalik julukan-julukan diatas, Garut sendiri memiliki potensi sumber daya alam yang tak kalah kaya dengan daerah lainnya di Indonesia. Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Garut beragam, diantaranya seperti potensi panas bumi (geothermal), hasil tambang berupa emas, biji besi, belerang, batubara dan lainnya. Selain itu Garut pun memiliki potensi dibidang pertanian, perkebunan, perhutanan, dan peternakan. Salah satu potensi dibidang peternakan Garut adanya spesies plasmanutfah berupa Domba Garut yang kini telah mendunia. Garut pun memiliki potensi dibidang industri, yaitu adanya sentra industri produk-produk yang terbuat dari kulit hewan di daerah Sukaregang, Garut Kota.

Potensi lain yang dimiliki Garut yang tengah digandrungi saat ini oleh masyarakat yang berkunjung ke Garut baik masyarakat lokal maupun asing, yaitu potensi pariwisatanya yang indah. Mulai dari panorama pegunungan yang indah ditawarkan oleh 3 gunung terkenal (Gunung Cikuray, Papandayan, Guntur) di Garut yang sering dikunjungi atau dijadikan salah satu tujuan pendakian oleh para pendaki dari daerah lain. Selain itu, panorama birunya laut pun Garut miliki di daerah selatan Garut, yaitu pantai Santolo, pantai Sayangheulang, dan lainnya.

Potensi SDA yang dimiliki Garut memang sangat melimpah dan kaya. Hal ini pun menarik kekaguman seorang donatur AMCF (Asia Muslim Charity Foundation) yang berasal dari Dubai berkunjung beberapa waktu lalu ke Garut. Menurutnya Garut memiliki pesona alam yang sangat indah dan sangat menjanjikan.

Keindahan alam yang ditawarkan kota Intan ini juga menarik para investor untuk berinvestasi di Garut. Banyak para investor yang tertarik untuk mengelola SDA yang melimpah ini baik dalam negeri maupun asing. Hal ini pun menjadikan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut membuka peluang untuk para investor yang ingin membuka usaha nya di Garut. Adapun peluang investasi yang di Garut adalah berupa pertanian, peternakan bahkan sektor industri pun saat ini sudah mulai berkembang.

Dengan adanya investor-investor yang mendirikan usaha nya di Garut, diharapkan dapat menjadi salah satu cara dalam mendorong perkembangan ekonomi daerah. Selain itu menjadikan kondisi sosial ekonomi masyarakat Garut sendiri menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dengan segala potensi yang dimiliki. Namun, hal ini bisa berjalan sesuai dengan harapan kita bila dalam pengelolaan SDA sebagai salah satu potensi daerah ini dikelola dengan baik. Sehingga manfaat yang didapat pun akan terasa oleh masyarakat, khusunya masyarakat Garut sendiri.

Ditulis oleh: Nailah, Mahasiswa STEI SEBI.

Comments

comments