Kamis , Desember 13 2018
Home / Jabar / Potensi Daerah Kabupaten Subang

Potensi Daerah Kabupaten Subang

Subang adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang sangat lengkap dan kaya akan potensi di segala aspek. Dari gunung sampai laut subang memilikinya, Dari hulu ke hilir semuanya menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit dan itu dijadikan sumber penghidupan bagi sebagian besar masyarakat.

Sebagian besar perekonomian daerah Subang terdapat pada sektor pertanian. Tak heran subang di juluki sebagai salah satu Lumbung Padi Nasional. Kabupaten Subang memiliki areal lahan sawah terluas ketiga di Jawa Barat setelah Indramayu dan Karawang sekaligus pula merupakan penyumbang produksi padi terbesar ketiga di Jawa Barat dan menduduki peringkat kelima di Indonesia, yang pada tahun 2016 menghasilkan 1,27 juta ton gabah kering giling.

Subang juga adalah Kota pemasok ikan, terutama bagi kawasan Bandung dan Jakarta. Daerah yang berada di utara Jawa Barat ini memang memiliki potensi ikan yang luar biasa. Bukan hanya ikan laut, ikan tawarnya pun melimpah. Karena itu dari sektor ini bukan hanya dapat menghasilkan komoditas tapi juga menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga Rp. 374 M melainkan bisa menyerap tenaga kerja hingga ⅙ dari total angkatan kerja.

Tak hanya dari kedua sektor itu saja, Subang juga produsen palawija, holtikultura, peternakan, perkebunan bahkan sebagai penghasil minyak bumi dan gas alam yang terbilang cukup besar. Itu semua dihasilkan dari hasil alam yang luar biasa sangat subur. Oleh Karena, sudah menjadi tugas pemerintah daerah dan masyarakat Subang untuk menjaga dan mengelolanya dengan baik.

Dengan potensi yang sangat luar biasa. Jika dikelola dengan baik, dari hulu ke hilir, subang bisa berkembang dengan pesat dan menjadi daerah mandiri Yang tidak tergantung pada bantuan provinsi dan pemerintahan pusat. (Shofia Noor Assyifa)

Comments

comments