Kamis , Desember 13 2018
Home / Jabar / Pesona Pariwisata Halal di Bumi Ciamis

Pesona Pariwisata Halal di Bumi Ciamis

(Foto: Istimewa)

Ciamis merupakan kabupaten kecil yang terletak di ujung jawabarat dengan potensi keindahan alam tersendiri yang berbeda dari daerah lainnya. Selain dijuluki sebagai Kota Santri dengan ciri khas masyarakat yang ramah dan sopan santun, Ciamis juga mempunyai destinasi pariwisata yang berpotensi menjadi destinasi pariwisata halal mancanegara baik wisata alam dan budaya maupun wisata kuliner.

Setelah pangandaran memisahkan diri dari Ciamis, tingkat wisatasan di Ciamis sempat mengalami penurunan sebab salah satu destinasi wisata Ciamis yang tersohor ke Mancanegara adalah Pantai Pangandaran. Namun demi mendongkrak kembali jumlah wisatawan Ciamis, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Ciamis, H. Kusdiana, M.M. Menyatakan sedang berlangsung pembangunan setidaknya lebih dari 40 tempat wisata di Ciamis untuk lebih maju sehingga wisatawan ciamis kembali bertambah.

(Foto: Istimewa)

Potensi pariwisata di Ciamis setidaknya terbagi ke dalam tiga kategori. Ada Wisata Budaya, Wisata Alam, dan Wisata Buatan. Misal Wisata Budaya, Ciamis mempunyai Kampung Adat Kuta, Karangkamulyan, Astana Gede Kawali, Candi Ronggeng, Situs Gunung Susuru, Situs Samida, Situs Tambaksari I, Situs Cekdam Kadupandak, Museum Galuh Imbanagara, Museum Galuh Pakuan, Museum Fosil Tambaksari, Situs Salawe Cimaragas, Museum Bumi Alit, Situs Batu Panjang, Situs Pangcalikan Gunung Padang, Upacara Adat Ngikis, Situs Makam Keramat Sanghyang Cipta Permana Prabudi Galuh, Situs Jambansari, Upacara Adat Misalin, Seni Gembyung Buhun, Situs Pangrumasan, Situs Kawasen dan lain-lain.

Untuk Wisata Alam, Kabupaten Ciamis memiliki Situ Panjalu, Situ Lengkong, Batucakra di Cikoneng, Air Panas di Cikupa, Curug Tujuh di Panjalu, Hutan Pinus, Curug Panganten, Situ Wangi, Situ Rancamaya, Situ Bubuhan, Curug Cipatahunan, Arung Jeram, Wisata Cipanas Geger Bentang, Curug Batu Ampar, Pamandian Pancuran Tujuh, Curug Gambir Sontolok, Gunung Pangalusan, Curug Cigumawang dan lain-lain. Wisata buatan ada Tirta Sejuk Rancah, Waterboom Tirta Sumber Jaya Cipangalun, Waterboom Sukahaji Cihaurbeuti, Taman Raflesia, Padepokan Seni Rengganis, Stadion Galuh, dan mega wisata waterboom Icakan.

(Foto: Istimewa)

Dengan penduduk yang dikenal agamis sebab mayoritas penduduk ciamis adalah masyarakat muslim maka potensi untuk menjadi destinasi Pariwisata Halal semakin menguat, terbukti sejak Indonesia meraih 12 penghargaan sekaligus dengan nominasi yang berbeda pada event World Halal Tourism Awards 2016 yang diselenggarakan di Abu Dhabi. Ciamis mulai tertarik mengembangkan destinasi Pariwisata Halal baik itu yang dikembangkan oleh pemerintah kabupaten maupun wisata buatan milik swasta, seperti Mega Wisata Waterboom Icakan sudah mulai menerapkan konsep wisata syariah dengan membuat pemisahan jadwal pengunjung wahana Waterboom antara laki-laki dan perempuan, hal ini diterapkan agar tidak ada penyatuan atau campur baur antara laki-laki dan perempuan yang bukan mukhrim dalam satu wahana. Selain itu juga di Icakan ini sudah berdiri fasilitas Ibadah yang sangat memadai yaitu sebuah masjid yang megah, juga disepanjang jalan menuju lokasi banyak berdiri spanduk peringatan untuk tidak pacaran ditempat wisata ini.

Kementerian pariwisata memberikan perhatian yang lebih kepada pariwisata Ciamis dengan kerjasama lewat bidang promosi wisata budaya dengan Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis mengadakan Festival Adat terbesar Nusantara yang bernama “Pesona Galuh Nagari 2017” yaitu atraksi pariwisata berbasis masyarakat. Yang diadakan semingu penuh dari tanggal 19-25 Mei 2017. Setidaknya ada ada enam acara adat yang dihelat selama seminggu penuh di Kabupaten Ciamis. Even pertama, Jagir Festival pada 19-20 Mei, Festival ini digelar di Desa Jayagiri-Penumbangan. Berikutnya, Upacara Adat Misalin 22 Mei di Dusun Tunggalrahayu Desa Cimaragas. Setelah itu Upacara Adat Ngikis 22 Mei di Situs Karang Kemulyan Desa Karangmulyan Kecamatan Cijeungjing. Selanjutnya Upacara Adat Nyepuh 23 Mei di Ciomas. Setelah itu, Upacara Adat Merlawu pada 24 Mei di Situs Gunung Susuru Desa Kertabumi. Terakhir, Upacara Adat Merlawu II pada 25 Mei di Situs Gunung Padang Desa Sukaresik.

Perhelatan besar yang diadakan seminggu penuh di Ciamis digelar untuk memunculkan potensi pariwisata. Menteri Pariwisata mengapresiasi warisan budaya yang terus lestari di Ciamis “Bangga melihat tradisi Ciamis, kelestariannwisatawan Ciamis juga dya terus dipelihara, ini sangat menarik. Sebab budaya sebenarnya masih menjadi alasan 60% orang datang saat berkunjung ke suatu tempat, termasuk Ciamis” ungkap Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc. Selain wisata alam Festifal Pesona Galuh Nagari juga menyuguhkan berbagai macam kearifan lokal seperti Budaya Religi dan Festifal Kuliner cita rasa pasundan yaitu demo masak 100 nasi liwet dan tumpeng dipandu mojang jajaka Ciamis dan cara unik ngampar makan bersama.

Selain wisata alam dan budaya untuk menjadi sebuah destinasi halal pariwisata juga harus ditunjang dengan Halal Food untuk itu saat ini sudah banyak restaurant juga produk UKM sebagai jajanan oleh oleh khas ciamis digenjot untuk mempunyai sertifikasi halal dari MUI, juga penunjang lainnya yaitu hotel syariah yang saat ini juga sudah mulai disosialisasikan kepada beberapa hotel di daerah Ciamis khususnya hotel-hotel yang berlokasi strategis dengan pariwisata syariah di Ciamis.

Wisata di Ciamis sangatlah banyak dengan ragam kearifan lokal warisan budaya pasundan dan keindahan alam yang tak kalah dengan daerah lain, namun belum banyak terekspose oleh media baik lokal maupun nasional. Meskipun masih berproses, namun diyakini bahwa Ciamis mampu menjadi destinasi pariwisata halal nusantara maupun mancanegara, dengan konsistensinya menjaga kearifan lokal dan memadukannya dengan konsep wisata halal akan melahirkan sebuah destinasi dengan keunikannya tersendiri yang telah menjadi identitas dan jati diri bangsa. Namun upaya ini memerlukan pula dukungan dan kontribusi dari seluruh segmen masyarakat Ciamis untuk membangun daerah dengan mengembangkan setiap potensi khususnya dalam hal pariwisata halal.

Comments

comments