Jumat , Desember 14 2018
Home / Ekonomi & Bisnis / Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia

Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia

Ilustrasi. (Istimewa)

Indonesia adalah Negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia.Mayoritas masyarakatnya yang menganut islam menjadikan Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial dalam perkembangan keuangan syariah. Salah satu bukti bahwa Indonesia merupakan pasar potensial dengan adanya banyak tumbuh bank bank yang berprinsip dengan syariah. Bank bank di Indonesia yang berprinsip dengan syariah mulai bermunculan di tengah tengah bank bank konvensional, meskipun ada beberapa bank syariah yang muncul dari bank bank konvensional hal ini menunjukan bahwa perbankan syariah mulai bisa di lirik oleh masyarakat Indonesia.

Perkembangan Perbankan di Indonesia terbilang sangatlah cepat berkembang karena sistem yang di anut dalam perbankan syariah mulai bisa di terima masyarakat Indonesia. Karena perbankan syariah menggunakan prinsip bagi hasil yang dapat menguntungkan antara masyarakat dan bank, serta dapat mewujudkan aspek keadilan dalam bertransaksi, investasi yang beretika dan mengedepankan nilai nilai kebersamaan. Karena hal itulah yang membedakan perbankan syariah dengan bank konvensional.

Dalam perkembangan perbankan syariah di Indonesia, keuangan syariah mempunyai regulasi dimana kewenangan mengeluarkan fatwa keuangan syariah yang terpusat pada suatu lembaga independen yaitu Dewan Syariah Nasional dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) berbeda dengan Negara lain fatwa dapat dapat di keluarkan perorangan yang dapat terjadinya regulasisatu sama lain. Dewan Syariah Nasional (DSN) di bentuk guna mewujudkan aspirasi umat Islam dalam menumbuhkan perekonomian syariah di Indonesia, pembentukan Dewan Syariah Nasional juga merupakanlangkah koordinasi ulama dalam menanggapi isu isuyang berhubungan dengan masalah ekonomi keuangan.

Saat ini juga di Negara Indonesia sedang dilakukan edukasi dan sosialisai tentang ekonomi syariah sehingga masyarakat Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap perbankan syariah, dan bukan hanya melakukan edukasi melainkan perbankan syariah di Indonesia mulai meningkatkan kualitas layanan agar dapat sejajar dengan perbankan konvensional seperti menggunakan teknologi informasi ATM, mobile banking. Inovasi layanan serta pengembangan produk juga hal penting untuk meningkatkan kualitas perbankan syariah. Karena keunggulan yang nantinya akan terwujud perbankan syariah akan bisa terus berkembang jika di banding perbankan konvesional.

Dennis Bimo Prakoso
Mahasiswa STEI SEBI Depok

Comments

comments