Jumat , Desember 14 2018
Home / Ekonomi & Bisnis / Pengaruh Digital Terhadap Pengembangan Ekonomi

Pengaruh Digital Terhadap Pengembangan Ekonomi

Ilustrasi. (Istimewa)

Perkembangan Teknologi digital saat ini kian meninggkat, tak dapat kita pungkiri lagi dengan keadaan seperti ini akan membawa dampak yang bermacam-macam bisa menjadi baik ataupun malah sebaliknya. Hal ini pula berdampak terhadap perkembangan perekonomian syari’ah dimana jikalau perkembangan teknologi ini di manfaatkan dengan baik maka kan menimbulkan dampak positif dan akan menjadikan ekonomi syari’ah semakin maju dan berkembang pesat.

Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem menghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris. Namun sayangnya problematika ekonomi syari’ah terhadap SDM belum juga terlihat membaik, yang mana hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran dari setiap muslim untuk mengutamakan ekonomi syari’ah. Untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan dalam ekonomi digital, para ekonom perlu memahami karakteristik dari konsep yang menjadi landasan karena sangat berbeda dengan ekonomi klasik yang selama ini dikenal.

Tidak jarang bahwa perusahaan harus melakukan transformasi bisnis agar dapat secara optimal bermain di dalam arena ekonomi digital. Hal ini disebabkan karena untuk mengimplementasikannya, diperlukan model bisnis yang sama sekali baru. Bagi perusahaan baru, untuk terjun ke bisnis ini biasanya lebih mudah dibandingkan dengan perusahaan yang telah lama berdiri. Statistik menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan lama yang ingin memanfaatkan keberadaan ekonomi digital harus mengadakan perubahan mendasar pada proses bisnisnya secara radikal.

Deputi Direktur Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah 1 OJK Rina Cakti Yuliani mengatakan, selama ini masyarakat akan memilih bekerja di bank jika berkaitan dengan industri keuangan. SDM yang ada sejauh ini masih menjadi hal yang perlu didorong sehingga mampu berada sebagai pemain syariah yang profesional. (Dilansir dari radarsemarang.com)

Hal inilah yang dikhawatirkan menjadi lemahnya perkembangan ekonomi syari’ah khususnya di Indonesia. Namun, hal ini bisa saja berbalik 360 derajat dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan yang menjadikan ekonomi syari’ah berkembang pesat di Indonesia jika mampu menggunakan perkembangan teknologi tersebut dan meningkatkan kapabilitas SDM ekonomi syari’ah dengan fokus mengarah prodi ekonomi syari’ah yang berada di berbagai universitas yang ada di Indonesia terus berada dalam koridornya. Dan menjadikan mereka sebagai aktifis ekonomi syari’ah yang professional yang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dan bisa bersaing dengan yang lainnya.

Hal inilah semestinya kita dorong supaya ekonomi syari’ah bisa terus meningkat, dan ditambah dengan meningkatkan SDM dari para pelaku ekonomi syari’ah ataupun yang akan berkecimbuh di ekonomi syari’ah.

Oleh: Lukman ( MAHASISWA STEI SEBI)

Comments

comments