Selasa , Desember 11 2018
Home / Uncategorized / Pemkab Cianjur Salurkan 100.000 Tenaga Kerja

Pemkab Cianjur Salurkan 100.000 Tenaga Kerja

(Istimewa)

Wujud nyata peningkatan kualitas sumberdaya manusia masyarakat Cianjur yang terampil dan sejahtera, terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Cianjur, dengan cara langsung menyalurkannya sebagai tenaga kerja ke berbagai perusahan industri, salah satunya ke PT. Pou Yuen Indonesia yang berada di Kabupaten Cianjur.

Penyaluran tenaga kerja ini dilaksanakan, selasa (19/9) di Gedung Asakinah Kabupaten Cianjur, yang diikuti kurang lebih 100.000 orang pencari kerja dari berbagai kecamatan dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini dhadiri pula oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Drh. Hj. Dwi Ambar Wahyuningtyas dan Manager Human Resource Development PT. Pou Yuen Hendric Syahriza.

Tenaga kerja yang mendaftarkan diri ke PT. Pou Yuen Indonesia tersebut sebanyak 100.000 orang dengan tingkat pendidikan yang beragam mulai dari jenjang pendidikan SLTA (SMA) hingga jenjang pendidikan S1 dengan berbagai jurusan. Tentunya langkah ini merupakan suatu terobosan baru yang dilakukan pemerintah kabupaten Cianjur di bawah kepemimpinan DR. H. Irvan Rivano Muchtar, S.Ip, SH.,M.Si, ujar Lilih Halimah warga Neglasari Rt 05 Rw 19 Desa Sayang.

Menurut Bupati Cianjur DR. H. Irvan Rivano Muchtar, S.Ip, SH.,M.Si bahwa dengan dilaksanakannya penyaluran tenaga kerja terampil, yang dimiliki pemerintah kabupaten Cianjur yang rata-rata antara 20.000 – 25.000 orang, sangatlah potensial untuk bisa menikmati dan menerapkan serta diberdayakan pada sektor industri, termasuk salah satunya PT. Pou Yuen Indonesia ini, mengingat kesempatan kerja di Pemerintahan sangat terbatas. Akibat peraturan perundang-undangan membatasinya. Karenanya dengan cukup signifikan berdirinya industri-industri manufaktur di Kabupaten Cianjur dan cukup tingginya tuntutan kerja dari warga masyarakat Cianjur dengan angkatan kerja kurang lebih 60% dari jumlah penduduk 2,3 juta jiwa merupakan angkatan kerja produktif. Maka secara berjenjanga dan bertahap 20.000 s/d 25.000 tenaga kerja akan terus disalurkan melalui berbagai sektor formal (seperti industri-industri yang ada di Kabupaten Cianjur) maupun (sektor informal melalui home industri) sehingga dengan demikian upaya peningkatan derajat kesejahteraan yang diharapkan masyarakat secara bertahap dapat dinikmati dan daya beli masyarakat semakin meningkat.

Selanjutnya DR. H. Irvan Rivano Muchtar, S.Ip, SH.,M.Si mengatakan tersalurkannya tenaga kerja antara 20.000 s/d 25.000 per tahun, akan semakin cepat menurunkan angka kemiskinan dari 12,21% menjadi 10,2% pada setiap tahunnya. Karenanya kerja sama penyaluran tenaga kerja tersebut, harus terus dikontribusikan dengan perusahaan industri lainnya. Dengan tidak mengabaikan standar kualitas keterampilan tenaga kerja dalam bekerjanya, yang harus terus terlatih dan dilakukan pengembangan keterampilan kerja terhadap tenaga kerjanya sesuai perkembangan teknologi, tuntutan kualitas produksi dan prosedur kerjanya melalui balai-balai keterampilan kerja yang harus kita siapkan, sebagai modal keterampilan kerja bagi warga masyarakat Cianjur sebagai angkatan kerja produktif.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil H. Moch Ginanjar mengatakan sangatlah tepat langkah yang diambil pemerintah kabupaten Cianjur atas penyaluran tenaga kerja antara 20.000 s/d 25.000 oleh PT. Pou Yuen Indonesia, sebagai bukti langkah konkrit peningkatan sumber daya manusia di Cianjur untuk mampu menjadi manajer-manajer yang terampil dan mampu bersaing dengan tenaga kerja yang didatangkan dari luar daerah / luar negeri.

Sedangkan menurut Hendric Syahriza bahwa dengan cukup tingginya minat kerja di kabupaten Cianjur terhadap PT. Pou Yuen Indonesia kurang lebih 20.000 s/d 25.000 tenaga kerja, tentunya upaya penempatannya harus benar-benar secara klasifikasi mampu memenuhi sesuai kebutuhannya.

Comments

comments