Kamis , Desember 13 2018
Home / Wisata / Mengenal Potensi Wisata di Pandeglang

Mengenal Potensi Wisata di Pandeglang

Pandeglang adalah salah satu kabupaten yang terkenal akan keindahan pariwisatanya, mulai dari pantai, air terjun, sampai tiga gunung yang mengelilingi kabupaten ini, yakni, gunung karang, gunung pulosari dan gunung aseupan. Selain terkenal akan potensi pariwisatanya, Kabupaten Pandeglangpun terkenal akan keramahan warganya dan juga disebut sebut sebagai kota santri. Bagaimana tidak, diperkirakan terdapat puluhan pesantren, ratusan kyai/ustadz, dan ribuan santri yang terdapat di Kabupaten ini, sehingga tersebutlah Kabupaten Pandeglang sebagai kota santri.

Terletak di ujung barat Provinsi Banten dan paling barat Pulau Jawa membuat kabupaten ini selalu ramai dikunjungi oleh pariwisatawan domestic maupun mancanegara, karena tempatnya yang mudah diakses, hal itu dikarenakan pemerintah kabupaten pandeglang mendukung segala kebutuhan aksesibilitas untuk pengunjung agar dapat mengunjungi berbagai tempat pariwisata yang ada di Pandeglang.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Serang di Utara, Kabupaten Lebak di Timur, serta Samudra Indonesia dibatas Selatan. Ada yang unik dari pengambilan nama kabupaten ini, konon katanya nama Pandeglang diambil dari kata “Pande Gelang” yang diambil dari kisa seorang tukang pandai besi yang termasyur pandai membuat gelang.

Pusat perekonomian Kabupaten Pandeglang terletak di dua kota yakni kota Pandeglang dan Labuan. Salah satu penghasilannya adalah dari bercocok tanam seperti pertanian dan perkebunan yang terhampar di kaki Gunung Karang dan Gunung Pulosari. Hal itu dikarenakan terdapat tanah yang sangat subur diwilayah Pandeglang, hal itu memungkinkan warganya untuk bercocok tanam berbagai jenis tumbuhan.

Pandeglang adalah salah satu daerah yang cukup subur dan memiliki kekayaan alam yang sangat potensial seperti pegunungan, pantai, kebudayaan dan peninggalan sejarah. Selain itu masyarakat pandeglang adalah masyarakat yang sangat religius ditandai dengan banyaknya pesantren di setiap pelosok kampung di Kabupaten Pandeglang.

Di Pandeglang ada banyak sekali tempat-tempat wisata yang patut dikunjungi, beberapa diantaranya yaitu, pantai Tanjung Lesung, Curug Sawer Pandeglang, Pulau Umang Banten dan masih banyak yang lainnya. Saya akan menggambarkan sedikit tentang keindahan pariwisata yang disebutkan diatas. Petama kita memiliki pantai Tanjung Lesung. dimana pantai ini adalah salah satu pantai yang paling populer dibanding Pantai Carita. Menawarkan pasir putih seperti pantai carita namun dengan pesonanya sendiri. Pantai Tanjung Lesung juga terkenal akan kebersihan pantainya, ditambah dengan terbing yang tidak terlalu curam membentuk laguna semakin menambah keindahan panorama disana.

Selanjutnya kita beralih ke wilayah Curug Sawer Pandeglang yang tidak kalah indahnya dengan pantai. Curug ini cukup direkomendasi untuk anda yang suka dengan wisata air terjun. Air terjun yang satu ini tentu memiliki keunikan tersendiri, yaitu air terjunnya yang dibagi menjadi dua, yakni atas dan bawah. Di bagian atas memiliki tinggi sekitar 25 meter dinamai curug Lalakina sementara yang berada dibawah tingginya sekitar 7 meter dengan nama curug bikang, air terjun ini semakin menarik karena ada mitos yang terkandung didalamnya.

Selanjutnya yaitu Pulau Umang Banten, Pulau yang satu ini tak kalah ramai dikunjungi wisatawan yang ingin mengeksplor wisata Pandeglang Banten, tempat wisata yang satu ini selalu ramai di akhir pekan. Rata-rata pariwisata yang datang merupakan warga Jakarta. Anda yang menginginkan suasana sepi maka bisa memilih hari lain selain akhir pekan. Selain itu pulau inipun menawarkan wisata keliling pulau yang tentunya menjadi wisata yang cukup keren ditempat ini.

Bagi kalian yang merasa penat dengan kesibukkan sehari-hari, dan sedang mencari tempat yang cocok untuk beristirahat dan menghilangkan penat, Kota pariwisata Pandeglang adalah jawabannya, tempat yang sangat cocok untuk segala macam usia, dan terkenal akan udara pegunungannya yang sejuk, menghirup udara pagi yang segar sambil menyeruput teh hangat melengkapi liburan panjangmu yang menyenangkan. Pemandangan yang indah nan cantik membuat semua mata terpana, dan tubuh menjadi lebih segar untuk kembali melakukan aktivitas-aktivitas lainnya.

Itulah beberapa tempat pariwisata yang ada di Pandeglang. Masih banyak lagi tempat-tempat dan spot menarik lainnya yang patut anda kunjungi jika hendak mampir ke Kabupaten Pandeglang. Satu pesan saya, jaga dan lestarikanlah warisan bumi ini, jaga etika serta kebersihan lingkungan dimanapun kalian berada, karena bumi ini tak lain hanyalah titipan. Kita hanya dititipkan oleh anak cucu kita, maka sudah menjadi tugas kita untuk menjaganya. Cintailah alam maka alampun akan mencintai mu. (Muhammad Iqbal Muttaqin)

Comments

comments