Kamis , Desember 13 2018
Home / Feature / Manfaat Mengunyah Permen Karet yang Tak Banyak Diketahui

Manfaat Mengunyah Permen Karet yang Tak Banyak Diketahui

Ilustrasi. (Istimewa)

Manfaat mengunyah permen karet dalam buku “Female and Forgetful” para ahli menemukan, peran terbesarnya ialah dalam menciptakan kekuatan otak yang hebat, ingatan yang baik, dan bahkan IQ lebih tinggi.

Permen karet sering dinilai negatif karena dapat menyebabkan lingkungan menjadi kotor dan lengket akibat dari sisaannya.

Menurut Rahma, Guru di Muawanatul Ikhwan, saat diwawancara mengatakan, “Terutama bagi anak sekolah yang masih sering membuang sampah sembarangan, jadi jarang sekali ada yang membolehkan menjual permen karet di daerah sekolah.”

Menurut pengalaman penulis, tak sedikit orang tua melarang anaknya memakan permen karet dengan alasan akan tertelan dan tidak dapat dicerna oleh lambung.

Meskipun sering dinilai negatif, namun menurut drg. Adibah sekaligus dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), saat ditemui dikediaman sekaligus tempat prakteknya di Jl.Bukit Duri Tanjakan, ia menjelaskan bahwa permen karet memiliki banyak kelebihan, yaitu :

1. Mengurangi stres
Kadar glukosa akan meningkat, peningkatan ini akan memenuhi bahan bakar tubuh dan pikiran.

2. Meningkatkan konsentrasi
Mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan konsenstrasi memori kerja, serta kecepatan mengolah persepsi.

3. Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut
Mengunyah permen karet tanpa glukosa akan mencegah tumbuhnya karang san lubang pada gigi.

4. Menurunkan berat badan
Kandungan pada permen karet berbeda dengan cemilan lainnya yang memiliki kalori jauh lebih tinggi.

Mengunyah permen karet memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Yang terpenting ialah selalu menjaga agar permen karet tidak tetelan, buanglah sisa permen dengan pembungkus agar tidak menepel di tempat sampah, dan janganlah menempelkan sisa permen karet sembarangan. [Arafah/PNJ]

Comments

comments