Kamis , Desember 13 2018
Home / Jabar / Bogor / Lembaga Kemanusiaan ESQ Gelar Semesta Ramadhan Bersama 1000 Anak Yatim

Lembaga Kemanusiaan ESQ Gelar Semesta Ramadhan Bersama 1000 Anak Yatim

BOGOR (Jabarpos.id) — Tahun ini Lembaga Kemanusiaan ESQ bekerja sama dengan LAPAN mempersembahkan acara Semesta Ramadhan dengan tema “Generasi Emas Menembus Antariksa”. Acara yang melibatkan 1000 anak yatim dhuafa berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cikarang ini dikemas apik dengan konsep edutainment.

Acara dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2018 di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Rumpin, Bogor. Dalam kegiatan ini anak-anak mendapatkan Uang santunan, bingkisan Perlengkapan Sekolah dan Alat tulis. Selain itu, anak-anak juga mendapatkan edukasi tentang Teknologi Penerbangan dan Antariksa.

Menurut panitia acara, Dewi, dalam kegiatan ini anak-anak mendapatkan Uang santunan, bingkisan Perlengkapan Sekolah dan Alat tulis. Selain itu, anak-anak dapat termotivasi untuk berprofesi sebagai peneliti, karena ada beberapa aktivitas yang melibatkan anak-anak untuk belajar menjadi seorang peneliti.

“Anak-anak mendapatkan edukasi tentang Teknologi Penerbangan dan Antariksa. Setelah mengikuti acara ini, mereka mengetahui tentang manfaat Teknologi Penerbangan dan Antariksa yang sangat banyak manfaatnya untuk mendukung kehidupan manusia,” ungkap dia.

Ketua Lembaga Kemanusiaan ESQ Hj Lea Sri Endari Irawan dalam Jumpa Pers mengatakan, Semesta Ramadhan 2018 merupakan kegiatan untuk ketujuh kalinya. Jika sebelumnya mengusung tema Cinta Budaya bertempat di Taman Mini Indonesia Indah, kemudian Cinta Laut (Taman Impian Jaya Ancol), Cinta Udara (Lanud Halim Perdana Kusuma), berlanjut di Taman buah Mekarsari, lalu Universitas Terbuka, tahun kemarin di BATAN, nah tahun ini dipilih LAPAN (Rumpin, Bogor).

“Kegiatan Semesta Ramadhan selalu memberikan yang terbaik untuk anak yatim dan kaum dhuafa. Mengingat Lembaga Kemanusiaan ESQ mengusung tujuh budi utama. Kita tidak ingin sekadar memberikan santunan berupa tas, Alquran, buku maupun uang. Tetapi, kita ingin mereka memiliki pengalaman yang membekas suatu ketika nanti,” kata Lea.

Selain menyelenggarakan Semesta Ramadhan setiap tahun, Lea mengatakan, pihaknya juga terus memberikan beasiswa kepada anak-anak yang tidak mampu. Bahkan, ia mencontohkan salah satu leader di LK ESQ yang merupakan hasil binaan yang menerima beasiswa hingga sarjana.

Lebih lanjut, kata Lea, anak-anak yang mengikuti Semesta Ramadhan ini juga akan ditindaklanjuti dengan mengikutsertakan mereka dalam Training ESQ Peduli Anak Bangsa. Ia mencontohkan, Korda Depok dalam waktu dekat akan menggelar training tersebut.

Pada kegiatan Semesta Ramadhan, Anak-anak mengikuti rangkaian workshop yang dikemas secara menarik, terdapat 13 aktivitas yang dapat dilakukan dalam kegiatan Semesta Ramdhan tahun ini, antara lain: Perakitan dan peluncuran Roket Air; Simulator N-219; Simulator LSA; Simulator UAV; Simulator UAV Mobil; Mini Planetarium; Teropong Matahari; Pameran Alat Peraga Penerbangan dan antariksa; Pemantauan Satelit LAPAN; Penerbangan Drone; Origami Roket Kertas; Pemutaran Film Edukasi LAPAN dan Quiz Interaktif.

Acara Semesta Ramadhan dengan tema Teknologi ini mendapat dukungan dari berbagai perusahaan, diantaranya PT L’EESSENTIAL, Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa (YWBNB), WARDAH, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), PAXEL, LOTTERIA, Produsen Sandal Lucu (SANCU), APP Sinarmas, YBM BRI Serta Lembaga Penebangan dan Antariksa nasional (LAPAN) sebagai mitra pelaksanaan acara.

Selain kegiatan di bulan Ramadhan, LK ESQ juga memiliki beberapa program seperti Beasiswa Generasi Cerdas Berakhlak, Aksi Sehat, Tanggap Bencana, Nikah Massal, Khitanan Massal, Operasi Katarak, Renovasi Sekolah, Mobil Mushola Keliling dan masih banyak lagi. LK ESQ juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Sementara itu Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, sebagai tuan rumah pelaksanaan Semesta Ramadhan 2018 megatakan, pihaknya sangat senang menerima khadiran 1000 anak ke Pusat Teknologi Penerbangan, salah satu satuan kerja yang ia bawahi.

“LAPAN berupaya untuk memberi manfaat berupa edukasi kepada publik. Diantaranya bagaimana membuat roket air, teleskop untuk melihat matahari, pesawat tanpa awak, dan sebagainya,” ujarnya.

Thomas mengatakan, sebagai pimpinan LAPAN, ia mendorong agar satuan-satuan kerja yang berada di berbagai daerah dapat memberikan kemanfaatan bagi lingkungannya. Ia berharap, kegiatan Semesta Ramadhan 2018 yang digelar di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN Rumpin ini dapat memberikan pengalaman yang membekas bagi para siswa.

“Semoga dapat menginspirasi dan menyemangati para siswa untuk menempatkan cita-cita setinggi mungkin dengan semagat luar biasa. Misalnya mereka ingin jadi peneliti dan merekayasa sains dan teknologi antariksa,” kata Thomas.

Menurut Thomas, salah satu yang akan mempengaruhi anak-anak di masa mendatang adalah pengalaman-pengalaman di masa kecil. “Pengalaman-pengalaman, membaca, melihat, itu akan mempengaruhi cita-cita mereka,” kata dia. (des)

Comments

comments