Selasa , Desember 11 2018
Home / Jabar / Bandung / Jabar Perketat Distribusi Hewan Kurban di Perbatasan

Jabar Perketat Distribusi Hewan Kurban di Perbatasan

Ilustrasi hewan kurban. (Istimewa)

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat memperketat jalur masuk pendistribusian hewan kurban di daerah perbatasan Jawa Tengah dan Jakarta menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah.

“Kita melakukan pengecekan di jalur-jalur distribusi hewan kurban, seperti di Banjar dan Gunung Sindur,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika usai melepas Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa.

Ia mengatakan, jalur pendistribusian hewan kurban dari luar daerah itu akan terus diawasi kemudian dilakukan pemeriksaan setiap kendaraan yang membawa hewan kurban.

Jika pendistribusian hewan kurban tidak dilengkapi surat yang diterbitkan dari pemerintah daerah asal, kata dia, maka hewan tersebut dilarang masuk ke Jabar.

“Kita ketat sekali, kalau tidak ada surat kelayakan dari kabupaten/kota asalnya kita tidak perbolehkan masuk,” katanya.

Ia menyampaikan, upaya pemeriksaan di jalur distribusi perbatasan daerah itu karena Jabar masih mendatangkan hewan kurban dari luar daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan daerah lainnya di Indonesia.

Ia memprediksi kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 1438 Hijriyah di Jawa Barat terjadi peningkatan sekitar 5 hingga 10 persen atau sekitar 806 ribuan ekor.

“Estimasi hewan kurban di Jabar itu kurang lebih sekitar 806 ribu sekian,” katanya.

Ia menambahkan, penjagaan di jalur perbatasan Jabar itu sebagai upaya mencegah masuknya hewan kurban tidak sehat atau tidak layak untuk dikurbankan.

Comments

comments