Selasa , Desember 11 2018
Home / Jabar / Sukabumi / Gabungan Relawan Kemanusiaan Sukabumi Gelar Aksi Donor darah Massal

Gabungan Relawan Kemanusiaan Sukabumi Gelar Aksi Donor darah Massal

Ilustrasi donor darah. (Istimewa)

SUKABUMI, jabarpos.id – Gabungan relawan kemanusian di Kabupaten Sukabumi menggelar aksi donor darah massal Ahad (9/7). Kegiatan ini untuk membantu mengatasi kekosongan labu darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) pada saat lebaran lalu.

Donor darah ini dilakukan di sekretariat PMI Kabupaten Sukabumi di Jalan Ahmad Sanusi. Lembaga kemanusiaan di Sukabumi yang relawannya mendonorkan darahnya anatara lain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, ACT MRI, PMI, Aqua Rescue, SAR Khatulistiwa, Oi Crisis Center,Dompet Dhuafa, ZIS, DPU DT, Pramuka Peduli, dan Vertival Rescue.

“Setelah lebaran biasanya stok labu darah kosong dan relawan kemanusian bergerak untuk membantunya,” terang Kepala Markas PMI Kabupaten Sukabumi Budiharto kepada wartawan Senin (10/7). Biasanya terang dia UTD PMI meminta keluarga pasien untuk membawa donor pengganti untuk memenuhi kebutuhan darah yang diperlukan.

Namun ungkap Budiharto, dengan adanya kegiatan donor darah ini maka stok labu darah menjadi bertambah. Sehingga, lanjut dia, keluarga pasien bisa mendapatkan labu darah dengan mudah.

Dari kegiatan donor darah ini ujar Budirharto, terkumpul sebanyak 25 kantong darah. Selain relawan kemanusian ini terang dia kegiatan donor darah lainnya akan segera dilakukan di sejumlah instansi seperti kepolisian.

Salah seorang relawan BPBD Sukabumi yang mendonorkan darahnya Iwan Rachmawandi mengatakan, kegiatan donor darah ini sudah direncanakan sebelumnya. “Mudah-mudahan bisa membantu ketersediaan labu darah di PMI,” imbuh dia.

Relawan dari ACT MRI Sukabumi, Siti Maryam menuturkan, aksi donor darah ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dari para relawan kemanusian di Sukabumi. Ia mengatakan kegiatan ini akan dilakukan secara rutin oleh para penggiat kemanusian tersebut. []

Comments

comments