Kamis , Desember 13 2018
Home / Berita / Forjim Solidarity Santuni 40 Anak Yatim, Dhuafa, dan Janda

Forjim Solidarity Santuni 40 Anak Yatim, Dhuafa, dan Janda

JAKARTA (Jabarpos.id) — Forjim Solidarity (FSol), lembaga nirlaba yang diinisiasi Forum Jurnalis Muslim (Forjim) memberi santunan kepada 40 anak yatim, duafa, dan janda, pada acara bertajuk Ramadhan Berbagi. Acara yang digelar di Forjim Center, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis, 7 Juni 2018 ini dirangkai dengan buka puasa bersama.

Ketua Pelaksana, Edy Susanto mengatakan acara ini rutin digelar Forjim setiap Ramadhan. Mereka yang disantuni merupakan warga yang tinggal di sekitar Forjim Center.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami para jurnalis kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan. Kami tak hanya sibuk menulis berita, tapi juga berupaya untuk berbagi,” ujar Edy dalam sambutannya.

Sementara itu Direktur Forjim Solidarity (Fsol), Adhes Satria mengatakan dibentuknya Fsol ini sebagai wadah untuk menjalankan aksi sosial dan kemanusiaan para jurnalis muslim. Tak hanya santunan pada setiap Ramadhan, FSol juga telah melaksanakan program-program sosial lainnya.

“Alhamdulillah Forjim Solidarity telah melakukan program sosial. Misalnya kita pernah menggalang dana untuk Muslim Rohingya. Itu sebagian merupakan hasil urunan teman-teman jurnalis muslim. Kita juga bantu korban banjir dan kebakaran di Jakarta. Kemudian, kita ada program wakaf buku dan program sosial lainnya,” kata Adhes.

Secara khusus Adhes mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah mendukung terlaksananya acara Ramadhan Berbagi tahun 2018 ini. Diantara pihak yang mendukung adalah, Afra Kids, lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), PPPA Daarul Qur’an, Catering Bu Ning, Warung Kandang, Sedekah Online, Zawiyah Arraudhah, 3R Fashion, dan  Lazis Wahdah. Acara ini juga diisi tausyiah oleh Ustaz Hendy Irawan dari Pondok Pesantren Daarul Qur’an.

Sekilas Forjim Solidarity

Forjim Solidarity didirikan oleh Forum Jurnalis Muslim (Forjim) pada tahun 2017 sebagai wujud kepedulian dan solidaritas para jurnalis muslim Indonesia atas kondisi sosial dan kemanusian yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri.

Forjim Solidarity  merupakan badan otonom yang dimanahkan dalam Munas Forjim I tahun 2018 di Jakarta. Divisi ini difokuskan untuk menjadi sebuah gerakan sosial dan kemanusian para jurnalis muslim Indonesia untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan secara ekonomi maupun moril.

Forjim Solidarity juga mengedukasi masyakarakat untuk mendapatkan pencerahan, informasi seputar dunia Islam, pemberdayaan ekonomi berbasis keumatan dan mewujudkan harapan kaum marginal atau dhuafa agar terangkat harkat dan martabat kehidupannya.

Forjim Solidarty tergerak karena firman Allah dalam Al Quran dan Sabda Rasulullah Saw dalam haditsnya. “Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bahagian.”(QS. Adz Dzaariyaat: 19).

Rasulullah Saw bersabda: Barangsiapa menghilangkan kesusahan seorang muslim, niscaya Allah akan menghilangkan satu kesusahannya di Hari Kiamat. Barangsiapa menutup aib seorang muslim, niscaya Allh akan menutup aibnya di hari kiamat. Allah selalu menolong seorang hamba selama dia menolong saudaranya.”(HR. Muslim)

Adapun Visi Fsol adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan masyarakat agar peduli kepada muslim yang membutuhkan bantuan sosial, ekonomi, pendidikan, dan rohani.

Misinya adalah menjadi sebuah gerakan kepedulian terhadap sesama muslim di seluruh Nusantara dan Dunia dengan menggalaang solidaritas bersama. Membangkitkan kesadaran masyarakat untuk membangun kepedulian, membantu kesulitan penderitaan saudaranya sesama muslim.

Fsol diharapkan menjadi agen perubahan menuju masyarakat yang tercerahkan, berdaya, sejahtera, sehat, dan bertakwa serta menjadikan hidup penuh manfaat. Juga membangun sinergi dan kemitraan dengan berbagai elemen masyarakat yang memiliki tujuan yang sama. (zud/ds)

Comments

comments