Kamis , Desember 13 2018
Home / Jabar / Cianjur / Dibalik Makna Tugu di Kota Cianjur

Dibalik Makna Tugu di Kota Cianjur

Tugu Pramuka, dibuat untuk menjadi simbol Kabupaten Cianjur sebagai Kabupaten Pramuka Pertama di Jawa Barat, bahkan di Indonesia. (Istimewa)

CIANJUR, jabarpos.id – Produk unggulan Kabupaten Cianjur yang sudah cukup dikenal di seantero Nusantara dan bahkan di dunia, seperti Beras Pandan Wangi, Tauco Cianjur dan Lampu Gentur, kini terus dijadikan suatu monumental untuk membentuk etos kerja dan komitmen membangun potensi diri yang mempunyai kekhasan daerah secara kompetitif, dalam meningkatkan pendapatan masyarakat atas hasil buminya serta mengangkat akan aneka potensi yang dimiliki Kabupaten Cianjur sebagai wujud mensyukuri nikmat kekayaan alam yang diberikan Allah SWT, yang tumbuh dan berkembang sesuai keberadaan masyarakat dan keanekaragaman potensi yang dimilikinya, agar etos kerja yang mumpuni dari suatu daerah atau masyarakatnya. Untuk terus dijadikan suatu nilai tambah dalam pemenuhan kehidupan masyarakatnya.

Filosofi dari produk unggulan tersebut, yang selama ini terpendam, kini terus digali dan dipublikasikan dalam berbagai bentuk, baik melalui internet (instagram, youtube, facebook), radio, koran, televisi serta tugu, guna dijadikan sebagai suatu identitas diri masyarakat Cianjur yang kaya akan aneka potensi unggul daerah yang dimanifestasikan dalam bentuk suatu tugu, baik Tugu Tauco, Tugu Pandan Wangi, Tugu Lampu Gentur dan lain-lain. Semuanya merupakan suatu identitas diri atau jati diri masyarakat yang selama ini terlupakan dalam mencapai dan mewujudkan serta mensyukuri atas pemberian potensi sumber daya alam yang cukup dari Allah SWT kepada masyarakat Cianjur, tentunya harus dikelola dengan optimal untuk memenuhi sepenuhnya hak hajat hidup masyarakat Cianjur. Ujar Bupati Cianjur DR. H. Irvan Rivano Muchtar S.Ip, S.H., M.Si.

Selanjutnya DR. H. Irvan Rivano Muchtar S.Ip, S.H., M.Si mengajak seluruh warga masyarakat Cianjur, agar kita terus menggali potensi unggulan yang merupakan pemberian dari Allah SWT tersebut, agar dapat dikembangkan melalui berbagai aneka bentuk media yang terpublikasikan sebagai salah satu sarana wahana membentuk komitmen dalam percepatan peningkatan pensejahteraan masyarakat Cianjur dan sebagai penguatan akan kepemilikan aneka khasanah produk unggulan seperti Lampu Gentur, Beras Pandan Wangi dan Tauco Cianjur, yang semakin mampu memberikan nuansa peningakatan kesejahteraan kepada warga masyarakatnya maupun warga masyarakat Nusantara dan dunia yang datang ke Kabupaten Cianjur untuk memiliki atau menikmati produk unggulan baik berupa cenderamata maupun kuliner yang dapat dinikmatinya tersebut.

Bahkan ujar DR. H. Irvan Rivano Muchtar S.Ip, S.H., M.Si bahwa kita tidak hanya memiliki 3 potensi unggulan tersebut di buat monumennya akan tetapi juga satwa ayam pelung, maenpo, Cianjuran dan lain-lain. Langkah inilah, ujar Bupati Cianjur DR. H. Irvan Rivano Muchtar S.Ip, S.H., M.Si, akan semakin memberikan wawasan, pemahaman serta pengenalan atas dibangunnya tugu-tugu (monumen) kekayaan alam Kabupaten Cianjur yang harus dijadikan peluang dan potensi pengembangan usaha masyarakat Cianjur sebagai masyarakat yang lebih maju dan agamis dalam berinvestasi serta mengintegrasikan seluruh potensi yang dimiliki Kabupaten Cianjur dalam kancah mengaktualisasikan dinamika kehidupannya. []

Comments

comments