Jumat , Desember 14 2018
Home / Jabar / Cianjur / Cianjur, Satu Kata Sejuta Makna

Cianjur, Satu Kata Sejuta Makna

(Istimewa)

Cianjur adalah salah satu kota yang ada di Jawa Barat, kota Cianjur termasuk kota berkembang dan kota ini juga di juluki dengan kota santri dan mempunyai semboyan gerbang marhamah ( gerakan masyarakat akhlukul karimah ). Selain itu Cianjur memiliki ciri khas dalam budaya yaitu ngaos ( membaca al-qur’an ).mamaos (nyinden ), dan maenpo ( bela diri ).

Mayoritas penduduk Cianjur bermata pencaharian pertanian hal ini di dukung dengan tanah yang subur dan makmur. di tambah dengan lahan yang luas dan hutan yang asri berpotensi cianjur untuk di kembangkan. dari segi sumber daya manusia masyarakat Cianjur memiliki banyak keterampilan yang sangat berpotensial yang akan menunjang semua aspek kehidupan masyarkat.

Potensi yang ada Cianjur antara lain pertanian dalam hal sayuran dan padi, peternakan dalam hal ayam pelung selain itu ada makanan atau jajanan berupa cemilan seperti manisan. produk tersebut berasal dari kekayaan alam kota Cianjur yang diolah oleh masyarakat. produk tersebut potensial untuk di kembangkan karena banyak konsumen yang menyukainya . pada bidang pertanian Cianjur memenpuyai tanah yang luas dan subur bahkan hasil pertanian Cianjur telah dijual ke mancanegara salah satu nya beras pandan wangi.

Di bidang peternakan, ayam pelung merupakan ternak piaran asli Cianjur . ayam pelung merupakan jenis ayam yang memiliki badan kecil dan suara indah. selain ayam pelung banyak juga unggas yang lain nya. Di Cianjur terdapat beberapa perusahaan ayam dengan popolasi ayam di atas 100.000 ekor yang tersebar diberbgai pelosok daerah.

Di bidang makanan yaitu manisan-manisan dan tauco yang sering kita jumpai di berbagai tempat. Tauco sendiri di olah dari bahan dasar kacang yang bisa di masak dengan berbagai variansi. tauco ini sudah dijual ke mancanegara dan taoco Cianjur mempunyai khas sendiri berbeda dengan tauco yang lain.

Dibidng pariwisata , banyak tempat pariwisata yang di olah oleh pemerintahan Cianjur.salah satunya taman bunga nasional dan cibodas. Tempat periwisata ini menjadi salah satu objek tempat wisata yang sering di kunjungi oleh masyarakat luar Cianjur sampai manca negara . tempat pariwisata pun menjadi mata pencaharian warga sekitar untuk berjualan.

Ditulis oleh : Wiwi ( STEI SEBI )

Comments

comments