Selasa , Desember 11 2018
Home / Jabar / Bogor / Bima Arya dan Sandiaga Uno Ikuti Mandiri Bogor Sundown Marathon 2017

Bima Arya dan Sandiaga Uno Ikuti Mandiri Bogor Sundown Marathon 2017

Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Wakil Gubernur Jakarta terpilih Sandiaga Uno dan peserta lainnya. (Foto: kotabogor.go.id)

BOGOR, jabarpos.id –¬†¬†Ratusan peserta Mandiri Bogor Sundown Marathon 2017 kategori Half Marathon (HM) 21K di Kebun Raya Bogor (KRB) pukul 05.00 WIB dilepas langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya.

Sebelumnya, pukul 01.WIB Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor Eko Prabowo, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Rakhmawati dan panitia dari Ika Alumni SMAN 1 Bogor melepas peserta MBSM 2017 kategori Full Marathon (FM) 42K.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno mengikuti kategori 10K start pukul 05.30 WIB yang dilepas dan dipandu mantan Putri Indonesia Melanie Putri didampingi pihak sponsor dan panitia.

Tak ketinggalan, pria asal Kota Bogor yang merupakan artis dan presenter terkenal Farhan turut ambil bagian di kategori 5K start pukul 06.00 WIB. “Selamat datang di kota hujan, selamat berlari, selamat menikmati keindahan Kota Bogor,” kata Bima saat melepas peserta kategori HM 21K.

Menurut Bima, MBSM 2017 ini merupakan event pertama di Kota Bogor dan di Indonesia yang diikuti pelari (runners) dari berbagai komunitas Kota di Indonesia baik pemula, menengah, profesional (mahir) dan pelari dari 8 negara lain (Algeria atau Alzajair, Cina, Perancis, Kenya, India, Singapura, Thailand, Amerika) tercatat ada lebih dari 3.000 peserta. “Alhamdulillah peserta diatas target, antusiasme luar biasa. Yang kategori FM 42K juaranya sudah ada yakni dari negara Kenya,” sebutnya.

Ia berharap event lari seperti ini berlanjut ditahun depan dan menjadi iconic event lari yang menjadi agenda tahunan di Kota Bogor. “Kalau di negara-negara lain Sundown Marathon itu dimulai sebelum pertengahan malam, cuma disini kami mulai dari pukul 01.00 WIB atau ketika matahari tidak ada (terbenam). Bukan sunrise bukan sunset tetapi betul-betul tidak ada matahari,” jelas wali kota.

Bima menyebut, event lari yang dimulai dini hariini di Indonesia baru pertama kali, namun di Singapura sudah ada. MBSM 2017 ada beberapa kategorinya yakni FM 42K, HM 21K, 10K dan 5K. “Yang kategori FM 42K treknya mengelilingi titik-titik heritage di kota Bogor. Seperti Tugu Kujang, Tepas Salapan Lawang Dasakerta (TSLD), Lawang Suryakancana, kawasan Katulampa dan jalan Regional Ring Road (R3) dengan Start dan Finish yakni di jantung kota Bogor (Kebun Raya Bogor),” paparnya.

Sementara itu, Farhan mengatakan mendukung event lari ini dijadikan agenda tahunan Kota Bogor untuk membuat warga sehat dan bergerak. Selain itu, ia juga berharap Kota Bogor sebagai kota pelari (the City Of Runners) benar-benar terwujud dengan didukung sarana dan prasarana yang menunjang bagi runners. []

Comments

comments