Jumat , Desember 14 2018
Home / Jabar / Depok / Belasan Ibu Rumah Tangga Lulus Pelatihan Coding Mum Depok 2018

Belasan Ibu Rumah Tangga Lulus Pelatihan Coding Mum Depok 2018

DEPOK – Coding Mum Depok yang diselenggaran sejak 16 Maret hingga 2 April di Code Margonda Depok telah berakhir bersamaan dengan diluluskannya belasan peserta yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Acara yang diadakan di Depok tersebut merupakan bagian rangkaian kegiatan Coding Mum yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan PT. Kolaborasi Ide Kreatif (Kolla Space) tahun ini, setelah mendulang sukses sejak mulai dilaksanakan pada 2016. Pelatihan Coding Mum tidak hanya diperuntukkan bagi ibu-ibu rumah tangga. tetapi juga para buruh migran di luar negeri serta penyandang disabilitas.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dibidang digital khususnya dalam pembuatan Front end website yang sangat dibutuhkan di era perkembangan digital masa kini.

Pelatihan Coding Mum merupakan bagian dari skenario besar yang dilakukan Bekraf dalam rangka mencapai sasaran strategis dalam upaya menyerap tenaga kerja sektor ekonomi kreatif, sehingga mampu mencapai target tujuh belas juta orang pelaku ekonomi kreatif di tahun 2019 mendatang.

Menurut data BPS tahyn 2016 baru 3,9% dari seluruh sektor ekonomi kreatif yang sudah memanfaatkan penggunaan internet dalam mendukung usahanya. melalui pelatihan ini diharapkan semakin mempercepat efek bola salju Coding Mum sebagai sebuah gerakan Nasional untuk mengatasi kurangnya tenaga programmer di Indonesia dan meningkatkan pemanfaatan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan usaha di sektor ekonomi kreatif.

Dengan diluluskannya peserta Coding Mum Depok, tercatat sudah lebih dari 300 peserta yang diluluskan melalui program ini. Mereka yang lulus sudah melalui tahapan ujicoba dan dianggap mampu untuk melakukakn coding secara mandiri. Kemampuan coding ini nantinya bisa mereka gunakan sebagai penunjang bisnis atau bahkan membuka peluang bisnis baru.

“Pelatihan ini untuk membantu ibu rumah tangga mengenal dan mengerti konsep pemrograman awal, terutama untuk web aplikasi di era perkembangan e-commerce yang pesat,” ungkap Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Bekraf, Mariaman Purba, pada acara penutupan Coding Mum Depok di Code Margonda, Depok Town Square.

Melalui kegiatan ini Mariaman berharap pada peserta Coding Mum yang telah lulus bisa mengaplikasikan kemampuan coding yang telah diperoleh selama pelatihan sehingga dapat mengisi kekurangan dalam menggunaan internet dalam dunia usaha, khususnya usaha kreatif ekonomi.

Comments

comments