Selasa , Desember 11 2018
Home / Jabar / Bekasi / Bekasi Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Madya

Bekasi Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Madya

(Dok. Pemkot Bekasi)

BEKASI, jabarpos.id – Puncak Hari Anak Nasional (HAN) pada tanggal 23 Juli 2017 akan dilaksanakan di Gedung Daerah Pemprov Riau, di Jl. Diponegoro Pekanbaru. Peringatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap perlindungan anak Indonesia agar bisa tumbuh menjadi generasi penerus secara optimal, tingkah laku anak pada masa depan akan dipengaruhi oleh perilaku para orang tua dan lingkungan terdekat, baik dan buruknya keluarga, akan menjadi cerminan bagi masa depan anak, ujar Yohanna Mentri PPPA.

Dalam kesempatan ini Kota Bekasi menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (PPPA), Yohanna sebagai Kota Layak Anak Kategori Madya yang langsung diterima oleh Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi didampingi oleh Ir. Hj. Riswanti, M.Si selaku Kadis DP3A Kota Bekasi serta beberapa Kepala Dinas Kota Bekasi yang hadir di Swiss Bell Hotel Pekanbaru.

Penghargaan Kota Layak Anak kategori Madya yang diberikan kepada Kota Bekasi dengan melihat Komitmen Kepala Daerahnya yang telah mempunyai system pembangunan berbasis anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya Pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan.

Program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya Hak dan Perlindungan anak dengan indicator 5 Kluster Hak Anak yaitu;

1. Hak Sipil dan Kebebasan Anak

2. Hak Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternative

3. Hak Kesehatan dan Kesejahteraan

4. Hak Pendidikan dan Pemanfaatn Waktu Luang dan Seni Budaya dan

5. Hak Perlindungan Khusus.

Selain itu menurut data yang di ambil dari web Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak yakni Hak untuk bermain, Hak untuk mendapatkan Pendidikan, Hak untuk mendapatkan perlindungan, Hak untuk mendapatkan identitas, Hak untuk mendapatkan status kebangsaan, Hak untuk mendapatkan makanan, Hak untuk mendapatkan akses kesehatan, Hak untuk mendapatkan Rekreasi, Hak untuk mendapatkan kesamaan dan Hak untuk memiliki peran dalam pembangunan.

“Torehan selanjutnya untuk Kota Bekasi yang dinobatkan sebagai kota layak anak yang akan menjadi sebuah motivasi dalam memberikan hak- hak anak sesuai dengan deklarasi. Yang terpenting dan harus bersama-sama kita ingat, anak adalah aset paling berharga untuk masa depan yang akan berguna dan baik untuk masa depan ” ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. []

Comments

comments