Jumat , Desember 14 2018
Home / Berita / Ancol Asian Festival Meriahkan Libur Lebaran dan Asian Games

Ancol Asian Festival Meriahkan Libur Lebaran dan Asian Games

JAKARTA (Jabarpos.id) – Dalam rangka menyambut serta memeriahkan Libur Lebaran, HUT Jakarta ke-491 dan perhelatan kompetisi olah raga internasional Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Ancol Taman Impian telah mempersiapkan beragam atraksi, hiburan dan festival bernuansa budaya Nusantara dan Asia yang sayang untuk dilewatkan.

Ancol Asian Festival 2018 diusung sebagai tema yang menampilkan sajian atraksi dan hiburan yang mendidik dan menyenangkan. Semua kegiatan sepanjang Juni – Agustus 2018 dikemas apik dalam bentuk pertunjukan seni budaya, musik, kuliner, parade perahu sampai kompetisi olahraga triathlon. Berikut agendanya:

Ancol Nusantara Festival

Pada bulan Juni-Juli 2018 akan diadakan kegiatan Ancol Nusantara Festival di Pantai Lagoon., Taman Impian Jaya Ancol. Selama pekan liburan lebaran, pengunjung akan dimanjakan oleh berbagai aktifitas dan hiburan serta kuliner nusantara.

Sesuai dengan namanya, acara ini akan menyuguhkan berbagai penampilan kesenian mulai dari Aceh hingga Papua. Pengenalan budaya nusantara juga disajikan dalam karya seni sculpture yang tersebar dibeberapa titik promenade Pantai Ancol. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang hasil karya patung yang berisi konten budaya Nusantara.

Dalam festival terebut pengunjung dapat merasakan beraneka ragam kuliner nusantara. Terdapat lebih dari 30 stan makanan yang menyajikan ragam kuliner dari seluruh Indonesia. Pengunjung juga dapat menikmati sajian musik di panggung terapung Pantai Lagoon setiap hari mulai pukul 14.00 WIB ataupun mengikuti permainan seru berhadiah Lebaran beach games  yang akan dimulai pukul 10 pagi. Ancol Nusantara Festival ini digelar mulai 13 Juni hingga 24 Juni 2018.

Khusus pada momen ulang tahun DKI Jakarta ke-491, akan diadakan parade spesial “Explore Ondel-Ondel dan tribute Benyamin Sueb”. Parade ini merupakan parade ondel-ondel kolosal yang pertama kali digelar di pinggir pantai, dengan gerakan khas ondel-ondel serta lantunan musik betawi akan semakin memeriahkan sepanjang jalur Pantai Ancol.

Terdapat puluhan ondel-ondel yang akan diarak sepanjang pantai lagoon Ancol, di sini pengunjung dapat mengenal lebih dekat budaya asli Jakarta. Selain diarak secara massal, ada juga lomba joget dan sepak bola ondel-ondel. Makin komplit dengan hadirnya prosesi budaya betawi Palang Pintu, Pencak Silat dan Lenong Betawi.

Tidak hanya penampilan budaya, musiknya pun diperkenalkan kepada seluruh pengunjung. Menggandeng seniman musik betawi, lagu-lagu hits aktor kawakan Betawi Benyamin Sueb akan dinyanyikan di panggung terapung (floating stage). Selain itu di sini juga akan menampilkan artis-artis Ibu Kota dalam tajuk Sunset Music Lagoon setiap minggu.

Kampung Betawi Festival

Di bulan Juni – Agustus 2018 juga diadakan kegiatan “Ancol Kampung Betawi Festival di Pasar Seni. Sebagai satu-satunya kawasan di Ancol yang kental dengan nuansa seni, Pasar Seni Ancol akan disulap tampilannya menjadi Kawasan Kampung Betawi. Mulai dari suasana, dekorasi serta seluruh konten yang dihadirkan disini semuanya berhubungan dengan budaya Betawi. Di sini pengunjung akan diajak mengenali seluruh unsur budaya Betawi, mulai dari sejarah, kuliner, kesenian sampai hasil karya khas Jakarta.

Pengunjung Ancol Kampung Betawi Festival 2018 juga dapat melihat wall of fame Betawi yang menampilkan gambaran sejarah kebudayaan betawi mulai dari zaman Batavia hingga saat ini. Dengan menggandeng komponen seniman, budayawan serta UKM Betawi yang tergabung dalam Ok Oce, Pasar Seni Ancol akan benar-benar menjadi kampung betawi selama acara ini berlangsung mulai Juni – Agustus  2018.

Sepanjang waktu itu pula setiap akhir pekan, Pasar Seni akan dimeriahkan oleh penampilan dari seniman-seniman betawi seperti gambang kromong, lawakan & lenong betawi, keroncong betawi, marawis dan juga ada penampilan spesial dari seniman komedi betawi ternama. Ragam kuliner yang khas seperti, dodol Betawi, kerak telor, laksa, bir pletok dan banyak lagi dapat dinikmati disini sambil menikmati alunan musik dan lenong khas Betawi.

Asian Lantern Festival

Kemudian pada bulan Juli – Agustus 2018 akan digelar  “Asian Lantern Festival di Pantai Festival. Demam Asian Games juga mulai digaungkan di kawasan Ancol Taman Impian. Pengenalan aneka budaya Asia dikemas dalam Festival lampion dengan tema kekayaan budaya Asia mulai dari bangunan-bangunan bersejarah sampai dengan karakter Asia.

Terpusat di Pantai Festival, festival lampion ini juga merupakan salah satu destinasi baru yang layak dikunjungi oleh seluruh pengunjung. Bertabur lampu-lampu yang penuh warna sangat menggugah untuk dinikmati dan dijadikan spot foto yang instagramable.

Tidak hanya lampion, Festival Perahu Wisata Nusantara juga menarik untuk dinikmati di pinggir pantai. Beraneka ragam perahu yang dihias dengan unsur budaya Nusantara akan menyapa pengunjung dan siap menjadi salah satu destinasi wisata maritim yang sarat dengan edukasi. Menariknya juga ada Dragon Boat Festival yang menampilkan perahu dayung yang akan dimainkan oleh talent profesional.

Asian Lantern Festival ini merupakan salah satu destinasi yang diunggulkan karena nantinya akan menjadi pusat pengenalan budaya nusantara dan asia yang rencananya akan menghadirkan para pejabat pemerintahan dan atlit Asian Games, sehingga diharapkan para delegasi  dapat merasakan suasana persahabatan antar negara di Asia. Puncaknya nanti akan ada pesta kembang api yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak sampai disitu, dalam kesempatan ini juga disajikan beraneka ragam jenis kopi dan teh yang siap memanjakan penikmatnya. Berlokasi di Monumen Ancol, berbagai jenis kopi dan teh dari berbagai penjuru Asia dapat dinikmati disini.

Ancol Kemerdekaan Festival

Selanjutnya pada bulan Agustus 2018 juga akan diadakan Ancol Triathlon & Ancol Kemerdekaan Festival. Rangkaian acara setelah Kampung Betawi dan Nusantara Festival. Selanjutnya Ancol juga akan menggelar Asian Lantern Festival, Ancol Kemerdekaan Festival, Asia Food Bazzar & Culture Festival, Asian Coffee & Tea Festival, Firework Festival dan akan ditutup dengan Ancol Triathlon 2018.

“Kami ingin membangun “demam” Asian Games mulai dari sekarang, terlebih Kawasan pantai Ancol juga sebagai venue pertandingan cabang olahraga  jetski dan layar sekaligus kami juga ingin tampilkan kekayaan budaya Nusantara untuk menarik minat masyarakat dan juga para delegasi negara peserta kompetisi” ungkap Teuku Sahir Syahali, Wakil Direktur Utama Jaya Ancol.

Kemeriahan di Kawasan Ancol Taman Impian terus berlanjut dengan perayaan HUT RI ke – 73. Aneka lomba rakyat dipertandingkan disini dan yang menjadi unggulan yaitu lomba panjat pinang kolosal juga kembali digelar dengan jumlah batang pohon pinang lebih banyak dari tahun sebelumnya, yaitu 188 batang pohon.

Seluruh rangkaian acara ini telah disusun dan siap disajikan kepada seluruh pengunjung yang akan menghabiskan kemeriahan liburan lebaran, HUT Jakarta, Pesta kemerdekaan dan Asian Games di Ancol Taman Impian. (des)

Comments

comments